PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK AMALIA DI KABUPATEN TEGAL

  • Neta Aprilisyana Universitas Pasundan

Abstract

Pandemi global Covid-19 menyebabkan penyusutan terbesar dalam beberapa dekade terakhir yang akan membuat ekonomi global mengalami penyusutan sebesar 3% tahun ini, menurut Dana Moneter Internasional (IMF).Salah satunya yang terjadi di Kabupaten Tegal mengalami penurunan penjualan produk UKM sendiri salah satu produk UKM yang mengalami penurunan penjualan selama pandemic COVID -19 yaitu Batik Tegalan.Dalam penelitian ini, desain yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. peneliti melakukan pendekatan secara langsung kepada informan untuk mengamati perilaku, pendapat, sikap serta tanggapan informan terkait dengan subjek penelitian. Peneliti juga melakukan pendekatan descriptive analysis Sedangkan secara tidak langsung melalui promosi juga memberikan pengaruh yang masih rendah (-10,4%). Pengaruh promosi secara langsung terhadap keputusan membeli dari konsumen Batik Amalia di Kabupaten Tegal menjelaskan adanya pengaruh yang termasuk kedalam kategori cukup (21,2%) dan juga secara tidak langsung melalui inovasi produk memberikan pengaruh yang rendah yaitu (10,8%). Inovasi produk dan promosi secara simultan menjelaskan adanya pengaruh yang termasuk kedalam kategori kuat (63,6%) dan sisanya sebesar 36,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini. agar melakukan promosi secara terus menerus khusus nya promosi dengan cara digital di platform media sosial ataupun di platform jual beli online
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 31, 2022
How to Cite
APRILISYANA, Neta. PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK AMALIA DI KABUPATEN TEGAL. Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 14, mar. 2022. ISSN 2656-9361. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/view/5219>. Date accessed: 16 may 2022. doi: http://dx.doi.org/10.23969/bp.v4i1.5219.