PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKARIZO HAIR ENERGY SHAMPOO DI PT AKASHA WIRA INTERNATIONAL JAKARTA SELATAN

Authors

  • Aulia Dewi Ratnasari unpas

DOI:

https://doi.org/10.23969/bp.v3i1.3962

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

PT Akasha Wira International Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri salah satunya kosmetika perawatan rambut Makarizo. Peneliti melakukan penelitian pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo. Pada PT Akasha Wira International Tbk ditemukan masalah yaitu kurangnya minat beli pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo yang berdampak pada penurunan volume penjualan di perusahaan, hal ini dikarenakan harga shampoo yang sedikit lebih tinggi membuat konsumen Makarizo Hair Energy Shampoo beralih menggunakan produk kompetitor sejenis yang lebih menarik perhatian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang terjadi dan dituangkan dalam sebuah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, dan sifat penelitian ini deskriptif eksplanatori. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Sampel pada penelitian ini sebanyak 60 responden sebagai konsumen, sehingga teknik pengambilan sampel menggunakan rumus fungsi waktu. Hasil penelitian diketahui terdapat pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= 3,696 + 1,106 X. Nilai Koefisien Korelasi adalah 0,967 dan Koefisien Determinasi adalah 93,6%, sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian. Hambatan yang dihadapi PT Akasha Wira International Tbk adalah harga yang lebih tinggi kurang menarik perhatian konsumen dibandingkan dengan kompetitor sejenis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-29