TINJAUAN LITERATUR KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

  • Sopyan Saori Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Resa Nurmala Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Keunggulan kompetitif adalah hasil dari strategi yang direncanakan suatu usaha, baik pada sektor mikro, kecil dan menengah. Arah strategis diwujudkan melalui kemampuan menghasilkan keuntungan lebih besar dari pada pesaing. Banyak faktor yang sama pentingnya dalam menghasilkan daya saing. Beberapa di antaranya adalah faktor strategi, pengembangan sumber daya manusia, knowledge management dan peran Information & Communication Technology (ICT). Dari faktor tersebut akan menciptakan dan mempertahankan posisi yang unggul dari pesaing, yang disebut keunggulan kompetitif. Akan tetapi, pemahaman menyeluruh tentang state-of-art dari keunggulan kompetitif masih dibutuhkan. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengklasifikasikan, mengidentifikasi publikasi-publikasi ilmiah dan melakukan analisis tematik terhadap literatur terkini guna menciptakan pemahaman yang ekstensif dan terperinci dibidang keunggulan kompetitif. Metode penelitian dilakukan dengan cara systematic mapping study (SMS) untuk menelaah publikasi ilmiah dibidang keunggulan kompetitif yang dihasilkan berdasarkan fokus dan tipe riset dari waktu ke waktu. Hasil penelitian ini menghasilkan kategorisasi dan kuantifikasi studi keunggulan kompetitif dalam berbagai dimensi serta ikhtisar topik dan tren penelitian saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 27, 2020
How to Cite
SAORI, Sopyan; NURMALA, Resa; KOMARIAH, Kokom. TINJAUAN LITERATUR KEUNGGULAN KOMPETITIF PADA USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 85 - 101, dec. 2020. ISSN 2656-9361. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/view/3510>. Date accessed: 22 jan. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.23969/bp.v2i2.3510.