STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PIRING LIDI DIDESA CIBADAK KECAMATAN BANJARSARI KABUPATEN CIAMIS
Keywords:
Strategi Pengembangan UsahaAbstract
Usaha piring lidi merupakan produk yang berada dalam sentra kawasan didesa Cibadak Kabupaten Ciamis. Saat ini dengan masuknya investor (pemberi modal ), berdampak pada harga piring lidi mengalami fluktuatif dan pelaku usaha tidak bisa menetapkan harga secara mandiri , karena harga sudah ditetapkan investor ( Bandar ), selain itu pemasaran produk terbatas. Juga di klaimnya produk piring lidi sebagai produk daerah lain sehingga merugikan pelaku usaha di sentra usaha piring lidi . Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui kondisi eksisting usaha piring lidi didesa Cibadak 2) Untuk mengetahui hambatan dalam pengembangan usaha 3) Untuk Menetapkan strategi pengembangan usaha piring Lidi di Desa Cibadak, Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.Urgensi penelitian adalah Strategi pengembangan usaha piring lidi di desa Cibadak , Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif, Data yang diolah dalam penelitian ini adalah 1) Data Primer yaitu data yang diperoleh di lapangan serta wawancara mendalam dengan pelaku usaha piring lidi dan Kepala Desa Cibadak. 2) Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari kepustakaan dan dokumen terkait. Analisis data yang dilakukan : a) Melakukan pengkajian data sekunder tentang strategi pengembangan usaha b) Menuangkan dalam deskripsi penelitian.c) Data primer yang diperoleh dari wawancara lalu diklarifikasikan , diinterpretasikan dalam kerangka teori dan pandangan konseptual 4) Dianalisis sehingga bermakna dan 5) Dibuatlah kesimpulan. Pembahasan dalam penelitian adalah 1) Faktor Konsentrasi usaha, pelaku usaha piring lidi ada sekitar 65% selain menjalankan usaha piring lidi mereka juga melakukan pekerjaan lainnya seperti buruh tani, dagang di pasar , dagang buka warung dirumah, karena usaha piring lidi belum dapat diandalkan sebagai sumber pokok perekonomian para pelaku usaha 2) Keterbatasan pemasaran produk. Pada saat ini pemasaran produk piring lidi baru bisa dilakukan melalui para investor atau Bandar yang berperan meminjamkan modal. Sehingga pelaku usaha tidak bisa menetapkan harga berdasarkan standar ketetapan harga, karena harga di tetapkan oleh Bandar. 3)Pengembangan Produk, walaupun sudah dilakukan seperti membuat tempat buah, pigura poto, kap lampu tetapi pemasarannya kurang memuaskan. Hambatan yang dihadapi 1) Pelaku usaha belum ada alternative lain dalam permodalan 2) Keterbatasan armada sehingga pemasarannya diserahkan ke Bandar . Strategi yang diterapkan bermitra dengan pihak yang bisa membantu pengembangan usaha dalam hal pengembangan usaha piring lidi maka pelaku usaha piring lidi bermitra dengan aparat desa dalam hal ini Kepala desa Cibadak, melalui program yang telah di jalankan di Bumdes.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2019-03-25
Issue
Section
Articles