PENERAPAN MODEL TONGKAT BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI TEKS DEBAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER INTEGRITAS PADA SISWA KELAS X

  • Muhamad Ryan Hidayat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kompetensi siswa dalam berbicara terutama kemampuan berdebat. Tujuan penelitian ini adalah memberikan alternatif model pembelajaran berdebat yang meningkatkan kemampuan berdebat sekaligus menanamkan karakter positif kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah prosedur mengontruksi teks debat dalam bentuk lisan dengan model tongkat berbicara? (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar mengontruksi teks debat dalam bentuk lisan dengan model tongkat berbicara dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model sel belajar? 3) Apakah terdapat perbedaan peningkatan karakter integritas dalam pembelajaran mengontruksi teks debat dalam bentuk lisan dengan model tongkat berbicara dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model sel belajar? Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan tipe penyisipan. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu dengan model desain kontrol prates dan pascates berpasangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 1 BandungĀ  Kelas X terdiri atas 2 kelas, masing-masing 40 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t sampel berpasangan. Simpulannya bahwa model tongkat berbicara dapat diterapkan siswa dalam pembelajaran mengontruksi teks debat dalam bentuk lisan, wujud karakter integritas adalah aspek sikap yang meliputi kejujuran, keteladanan, kesantunan, dan cinta pada kebenaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2020
How to Cite
HIDAYAT, Muhamad Ryan. PENERAPAN MODEL TONGKAT BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI TEKS DEBAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER INTEGRITAS PADA SISWA KELAS X. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 104-121, mar. 2020. ISSN 2615-7810. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2595>. Date accessed: 21 oct. 2020.