KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE

RADEC

Authors

  • Dadan Setiawan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatat Hartati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1575

Keywords:

Writing Ability, Explanatory Text, RADEC model.

Abstract

ABSTRAK Mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis penjelasan ilmiah adalah salah satu tujuan dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Read, Answer, Disscuss, Explain and Create (RADEC) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SDN 122 Cijawura, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent pretest postest control grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Dari penelitian ini didapatkan skor pretest kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebesar 48,1 sedangkan skor posttest sebesar 68,9. Hasil uji t diperoleh hasil nilai sig=0,00, sehingga ditafsirkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebelum dan setelah diberikan treatment menggunakan model pembelajaran RADEC. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi mengalami peningkatan dalam kategori cukup melalui model RADEC. Kata kunci : kemampuan menulis, teks eksplanasi, model RADEC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Anderson, M & Anderson, K. 1997a. Text Types in English 1. Melbourne: Macmillan Education Australia.

Cahyani, I. (2012). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiental Learning. Bandung: Program Studi Pendidikan Dasar SPS UPI.

Celce-Murcia, M. (2001). Teaching English as a second or foreign language (3th ed.). Boston: Heinle & Heinle.

Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Derewianka, B. (1990). Exploring How Text Work. Newtown: PETA.

Education Department of Western Australia. (1997a). Writing resource book. Port Melbourne: Henemann.

Emilia, E. (2012). Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris: Petunjuk untuk Guru. Bandung: Riqi Press.

Gerot, L. & Wignell. (1995). Making Sense of Functional Grammar. Australia: Gerd Stabler.

Hartati, T. & Cuhariah, Y. (2015). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Joyce, B. Weil, M. & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Jakarta: Kemendikbud.

Knapp, P & Watkins. (2005). Genre, Text, Grammar Technologies for Teaching and Assessing Writing. Sydney: University of New South Wales.

Lukmanudin. (2018). Penguasaan Konsep IPA dan Kemampuan Menjelaskan Fenomena Perpindahan Zat Pencemar Melalui Pembelajaran RADEC (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012).

Mahsun, (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Morocco, C. C., et. al (2008). Supported Literacy for Adolescents: Transforming Teaching and Content Learning for The Twenty-First Century. San Fransisco: Jossey-Bass Awiley Imprint.

Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Republik Indonesia, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 24, 2016, tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rose, D. (2007). Reading to learn learning to read. Assessing Students Writing. Melbourne: Catholic Education Office of Melbourne.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Jurnal:

Akkaya, N., & Kirmizi, F. S. (2010). Relationship between attitudes to reading and time allotted to writing in primary education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 4742–4746. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.761.

Alexander, K. P., DePalma, M. J., & Ringer, J. M. (2016). Adaptive Remediation and the Facilitation of Transfer in Multiliteracy Center Contexts. Computers and Composition, 41, 32–45. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2016.04.005.

Bakry, M. S., & Alsamadani, H. A. (2015). Improving the Persuasive Essay Writing of Students of Arabic as a Foreign Language (AFL): Effects of Self-Regulated Strategy Development. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 182, 89–97. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.742.

Bonyadi, A., & Zeinalpur, S. (2014). Perceptions of Students Towards Self-selected and Teacher-assigned Topics in EFL Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98, 385–391. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.430.

Decker, S. L., Roberts, A. M., Roberts, K. L., & Stafford, A. L. (2016). Cognitive components of developmental writing skill, 53(6). https://doi.org/10.1002/pits.

Graham, S., & Hall, T. E. (2016). Writing and Writing Difficulties from Primary Grades to College. Learning Disability Quarterly, 39(1), 3–4. https://doi.org/10.1177/0731948715592154.

Navehebrahim, M. (2011). Multiliteracies Approach to empower learning and teaching engagement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 863–868. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.315.

Özdemir, E., & Aydın, S. (2015). The Effects of Wikis on Motivation in EFL Writing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2359–2363. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.241.

Pardo. (2006). The role of context in learning to teach writing, /http://jte.sagepub.com/content/57/4/378.full.pdf+html,57(4), hlm.379-394.

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The Impact of Workshop on Implementation of (RADEC) Learning Model on Pedagogic Competency of Elementary School Teachers. International Conference of Innovation in Education (ICoIE) 178, pp. 7-11.

Sopandi, W. (2017). The quality improvement of learning processes and achievements through the read-answer-discuss-explain-and create learning model implementation. Proceeding 8th Pedagogy International Seminar 2017: Enhancement of Pedagogy in Cultural Diversity Toward Excellence in Education, 8(229), 132–139.

Downloads

Published

2019-08-01