KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE

RADEC

  • Dadan Setiawan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tatat Hartati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wahyu Sopandi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

ABSTRAK
Mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis penjelasan ilmiah adalah salah satu tujuan dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Read, Answer, Disscuss, Explain and Create (RADEC) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SDN 122 Cijawura, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Non-equivalent pretest postest control grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Dari penelitian ini didapatkan skor pretest kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebesar 48,1 sedangkan skor posttest sebesar 68,9. Hasil uji t diperoleh hasil nilai sig=0,00, sehingga ditafsirkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa sebelum dan setelah diberikan treatment menggunakan model pembelajaran RADEC. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi mengalami peningkatan dalam kategori cukup melalui model RADEC.
Kata kunci : kemampuan menulis, teks eksplanasi, model RADEC.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 1, 2019
How to Cite
SETIAWAN, Dadan; HARTATI, Tatat; SOPANDI, Wahyu. KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL READ, ANSWER, DISSCUSS, EXPLAIN, AND CREATE. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 16, aug. 2019. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1575>. Date accessed: 22 oct. 2019.