IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK KELAS 4 SD

Teams Games Tournament, keterampilan kolaboratif

  • One Teladaningsih Universitas kristen satya wacana
  • Mawardi Mawardi PPG SD-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana
  • Indi Huliana PPG SD-FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Permasalahan dalam proses pembelajaran tematik di SD Negeri Tingkir Lor 02 adalah bahwa keterampilan kolaboratif masih rendah, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang belum memuaskan. Berdasarkan masalah tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tndakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif melalui implementasi model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan kolaboratif, data aktivitas guru dan data aktivitas peserta didik, tes tertulis untuk membandingkan dan  mengetahui peningkatan pembelajaran kolaboratif yang dilakukan oleh peserta didik, dan dokumentasi untuk mengkonfirmasikan data yang diperoleh dalam observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kategoris dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan kolaboratif yang terlihat peningkatan rata-rata skor peserta didik setiap siklus. Rata-rata keterampilan kolaboratif dari siklus I sebesar 78,22, pada siklus II meningkat menjadi 93,18 sehingga diperoleh persentase peningkatan keterampilan kolaboratif sebesar 16,05%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keterampilan kolaboratif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 1, 2019
How to Cite
TELADANINGSIH, One; MAWARDI, Mawardi; HULIANA, Indi. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF PESERTA DIDIK KELAS 4 SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 17 - 30, aug. 2019. ISSN 2548-6950. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/1530>. Date accessed: 22 oct. 2019.