ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEPEMIMPINAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14359Keywords:
elementary school, leadership qualities, learning model problem based learningAbstract
Penelitian ini berujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan siswa sekolah dasar. Ruang lingkup penelitian ini mencakup guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data berupa informasi hasil wawancara yang dilakukan. Teknik pengumpulan datanya ialah wawancara. Peneliti menggunakan teknik analisis data teori Milles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan simpulan data. Lokasi penelitian ini dilaksanakan pada sekolah dasar di Kabupaten Cianjur. Dengan melibatkan satu orang guru untuk menjadi narasumber. Pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam membangun jiwa kepemimpinan siswa sekolah dasar melalui penyajian masalah dan mendorong siswa untuk dapat bekerja secara kelompok dan mencari solusi secara bersama dengan informasi yang didapatkan. Keywords: elementary school, leadership qualities, learning model problem based learningDownloads
References
Alfianiawati, Tia, Desyandri, and Nasrul. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran ISD Di Kelas V SD.” Ejournal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(3):1–10.
Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. 2022. “Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” Diffraction 3(1):27–35. doi: 10.37058/diffraction.v3i1.4416.
Az-zarkasyi, Muhammad Irgi Abdillah, and Hindun Hindun. 2024. “Penerapan Metode Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2(1):69–80.
Bulan, Sri, Nursalam Nursalam, and Muhammad Nawir. 2022. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(4):2629–41. doi: 10.58258/jime.v8i4.3862.
Darsih, Endang, Agie Hanggara, and Cucu Suhartini. 2023. “Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber.” KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):30–36. doi: 10.55266/jurnalkalandra.v2i1.223.
Deden, Deden Ibnu Aqil, Agung Purwanto, Setia Budi, Askardiya Mirza Gayatri, and Adeng Hudaya. 2021. “Problem Based Learning (PBL) in Shaping the Character of Students’ Hard Work and Discipline Through Classification of Creatures.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 11(1):53–63. doi: 10.21070/pedagogia.v11i1.762.
Ela, Ela, Risnanosanti Risnanosanti, and Yusmaniarti Yusmaniarti. 2023. “Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Sejak Dini Kelas VI Sekolah MI-Al Amin Pa’batangan Kabupaten Takalar Kecamatan Mappakasungguh.” Jurnal Dehasen Mengabdi 2(1):1–4. doi: 10.37676/jdm.v2i1.3497.
Hotimah, Husnul. 2020. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7(3):5. doi: 10.19184/jukasi.v7i3.21599.
Ismira, Ismira. 2022. “Penguatan Karakter Kinerja Kepemimpinan Siswa SMA Negeri I Pariangan Kabupaten Tanah Datar.” Jurnal Dedikasia : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):23. doi: 10.30983/dedikasia.v2i1.5525.
Khikmiyah, Fatimatul. 2021. “Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):1–12. doi: 10.30605/pedagogy.v6i1.1193.
Lestari, Dini Dwi, Irwandi Ansori, and Bhakti Karyadi. 2017. “Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1(1):45–53. doi: 10.33369/diklabio.1.1.45-53.
Lutfiana, Farah. 2019. “Pendidikan Sikap Kepemimpinan Siswa Di SD IT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta Leadership Figure Educatioo For Students In SD IT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 10 Tahun Ke-6 944.
Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, and Eri Juliawati. 2022. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3(2):167–75. doi: 10.57171/jt.v3i2.335.
Miles, Matthew, Michael Huberman, and Johny Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. USA.
Paramita S Kiswantoro A Lestari Indah. 2023. “Peningkatan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing.” Jurnal Muria Research … 2(2):178–82.
Pertiwi, Fia Ayuning, Reza Hilmy Luayyin, and Mohammad Arifin. 2023. “Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis.” JSE: Jurnal Sharia Economica 2(1):42–49. doi: 10.46773/jse.v2i1.559.
Pramudya, Erviyanti, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2019. “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):320–29. doi: 10.35568/naturalistic.v3i2.391.
Ramadhan, Iwan. 2021. “Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):358–69. doi: 10.37329/cetta.v4i3.1352.
Ranianisa Rahmi, and Yeni Erita. 2023. “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8(2):2929–43. doi: 10.36989/didaktik.v8i2.617.
Samudera, Muhammad Reksa, and Supriyadi Supriyadi. 2022. “Analysis of Charismatic Leadership Characteristics of Students in Elementary School.” Academia Open 6:1–12. doi: 10.21070/acopen.6.2022.2651.
Siradz, Y. 2019. “Kultur Madrasah Dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Siswa Di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.” Jurnal Sosialita 11(1):57–74.
Sukatin, Cindy Oktafia, Riza Purnama Sari, Aas Ariska, and Siti Dwi Yusniar. 2022. “Pendidikan Jiwa Kepemimpinan Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1(7):517–22.
Tanjung, Nurfadilah, Halimatun Adawiyah, Sabda Nurfadilah, and Anas Puta. 2023. “Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Pada Anak Usia Dini Di TK.” At-Taqwa: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 1(1):28–41.
Taufikin, Taufikin. 2017. “Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Problem Based Learning.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 5(1):204. doi: 10.21043/thufula.v5i1.2417.
Yunianto, Teguh, Suyadi Suyadi, and Suherman Suherman. 2020. “Pembelajaran Abad 21: Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Akhlak Melalui Pembelajaran STAD Dan PBL Dalam Kurikulum 2013.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10(2):203. doi: 10.25273/pe.v10i2.6339.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.