PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PjBL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13767Abstract
The low level of creativity and learning outcomes in Indonesian is caused by the ineffective learning model used, which makes students less interested in participating in learning. This research aims to determine the increase in creativity and learning outcomes of grade 5 students in Indonesian language subjects, sentences of facts and opinions using the PjBL model at SD Negeri Joho 03 Mojolaban. The type of research carried out is Classroom Action Research (PTK) which consists of 2 cycles. The subjects of this research were 5th grade students consisting of 13 students. data collection techniques using tests, observation and documentation. Creativity from research shows an increase. And student learning outcomes experienced an increase in cycle I, resulting in creativity of 23% and learning outcomes of 53.8% of students who had completed their studies. In cycle II there was an increase with percentage results of 38.4% in student creativity and 84.61% in learning outcomes. With the number of students experiencing an increase in creativity as many as 5 students and students who completed learning were 11 students out of 13 students. Rendahnya kreativitas dan hasil belajar Bahasa Indonesai disebabkab karena model pembelajaran yang digunakan tidak efektif sehingga membuat peserta didik kurag tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kalimat fakta dan opini menggunakan model PjBL di SD Negeri joho 03 Mojolaban. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa klas 5 yang terdiri dari 13 peserta didik. teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Kreativitas dari penelitian menunjukkan peningkatan. Serta hasil belajar siswa mengalami kenaikan pada siklus I hasil kreativitas 23% dan hasil belajar 53,8% siswa yang sudah tuntas belajar. Pada siklus II mengalami kenaikan dengan hasil presentase sebesar 38.4% pada kreativitas siswa dan 84,61% pada hasil belajarnya. Dengan jumalah siswa mengalami kenaikan kreativitas sebanyak 5 siswa dan siswa yang tuntas bekaar sebanyak 11 siswa dari 13 siswa.Downloads
References
Asni, W., Vita, I., & Dadang, A. (2018). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning pada Siswa Kelas V SDIT LHI. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1430–1440.
Bahruddin, Hidayat, S., & Hendrayana, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Memanfaatkan TIK Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 131–139.
Kusumawardani, R. (2015). Peningkatan Kreativitas Melalui Pendekatan Brain Based Learning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 143–162. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3498
Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226.
Nisah, N., Widiyono, A., Milkhaturrohman, M., & Lailiyah, N. N. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882
Priambudi, E. A. D., Azzahra, S. A., Utami, N. C. M., & Taofik, T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas Iv Sdn Lubang Buaya 13. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 201–208. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.963
Purwanti, P., Safitri, A., Pusporini, H., Kusumaningrum, S. R., & Dewi, R. S. I. (2022). Application of Project Based Learning Model for Class V Students Theme 5 Sub Theme 1 Ecosystem Materia. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3082–3090. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4090
Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model PjBL Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464
Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Surono, E. T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembeljaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Sub Tema 1 Kekayaan Sumber Energi Indonesia Kelas 4 SD Negeri Patemon 01. Pendidikan Tambusai, 3(3), 780–789.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA KELAS III SD NEGERI SIDOREJO LOR 01 SALATIGA. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.