PERENCANAAN KOMUNIKASI KOMUNITAS ALEUT DALAM LITERASI SEJARAH

Authors

  • Mochamad Iqbal Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/paradigmapolistaat.v3i1.2952

Keywords:

Perencanaan Komunikasi, literasi sejarah, komunitas aleut

Abstract

Budaya literasi di Indonesia sangat rendah, sehingga perlu peran dari masyarakat untuk menguatkan budaya literasi. Komunitas aleut bergerak dalam memperkenalkan literasi sejarah kepada masyarakat terutama sejarah yang berada di kota Bandung dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan komunikasi komunitas Aleut dalam literasi sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi dengan menggunakan model perencanaan komunikasi milik Philip Lesly. Hasil penelitiannya diketahui bahwa perencanaan komunikasi komunitas aleut dengan menganalisis lingkungan eksternalnya berupa tren masyarakat dan ancaman berupa TIK, memiliki kompetensi inti dari pengurus. Kebijakan berlandaskan visi misi yang dituangkan dalam aktifitas atau kegiatan. Perencanaan program pelaksanaan ; dirumuskan dalam musyawarah kerja berupa kelas literasi, ngaleut dan kegiatan literasi lainnya. Menggunakan berbagai media, baik massa maupun media sosial seperti koran, radio, Instagram, twitter, facebook dan website. Kegiatan komunikasi ; melakukan promosi dan diseminasi informasi terkait program yang akan dan telah dilakukan melalui berbagai media yang dimiliki. Komponen Publik diantaranya ; Umpan balik ; inventarisasi secara langsung dari program yang telah dilakukan dan feedback dari hasil unggahan di media sosial. Proses terakhir Evaluasi ; diadakan dalam rapat evaluasi yang tiap beberapa minggu sekali untuk mengevaluasi hasil umpan balik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harisal, Harisal (2018) DUKUNGAN SOSIAL KOMUNITAS KUSIR ANDONG. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Hastuti, Sri. Di (2019) Literasi Ekonomi Gaya dan Hidup Mahasiswa. Prosiding SNP (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS) .2019. http://hdl.handle.net/11617/10766

Hafied Cangara. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Nugroho & Marantika (2019) Perencanaan komunikasi pendidikan karakter bagi anak berkebutuhan khusus Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Madiun. SAHAFA Journal of Islamic Communication Vol.1, No.2 Januari 2019

Permatasari, Ane (2015) MEMBANGUN KUALITAS BANGSA DENGAN BUDAYA LITERASI. In: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 146-156. ISBN 978-602-8043-50-2

Soraya, Dea Alvi & sasongko, Agung. 2018. Sejarah Literasi di Indonesia Cukup Tua. Republika.co.id https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/p6t36u313/sejarah-literasi-di-indonesia-cukup-tua diakses 20 Juni 2020

Teguh, Rusdi & Pribadi (2018) Perencanaan komunikasi pemasaran : studi Kasus Tim marketing Asuransi PT ASWATA. Prologia, 2018 - journal.untar.ac.id

Tubs, Stewart & Sylvia Moss. 2015. Human Communications Jilid 1. Rosdakarya. Bandung

Yodiansyah, Hefri. 2017. Akses literasi media dalam perencanaan komunikasi. Jurnal IPTEK Terapan.

Zahroh, Nur Lailatus. 2014. Pemanfaatan Situs Singosari dalam mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik. J-PIPS vol 1 no.1 2014. ISSN 2355-8245.

Downloads

Published

2020-06-30