PENYISIHAN TOTAL COLIFORM DALAM AIR HUJAN MENGGUNAKAN MEDIA FILTER ZEOLITE TERMODIFIKASI, KARBON AKTIF, DAN MELT BLOWN FILTER CARTRIDGE

  • Astri Widiyastuti Hasbiah Universitas Pasundan
  • Lili Mulyatna Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Widia Rahmawati Pahilda Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

Abstract

Indonesia dengan curah hujan sebesar 2.000-3.000 mm per tahun dapat memanfaatkan air hujan sebagai salah satu sumber air minum. Akan tetapi, sebelumdapat dimanfaatkan air hujan harus diolah terlebih dahulu karena air hujan yang di panen dari atap rumah biasanya terkontaminasi pencemar mikrobiologi. Organisme yang merupakan indikator pencemar mikrobiologi adalah coliform. Penelitian ini bertujuan untuk menyisihkan total coliform yang terdapat dalam air hujan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan filtrasi media berbutir. Media filter yang digunakan yaitu Zeolite termodifikasi (TNZ) tipe RC.32 dan RC.42, karbon aktif, dan melt blown filter cartridge dengan ukuran 3 dan 1 mikrometer. Filtrasi dilakukan dengan menggunakan dua buah reaktor berukuran 10 dan 20 inch.Penelitian dilakukan dengan tiga variasi susunan media filter untuk mendapat susunan media filter yang paling optimal dalam menyisihkan total coliform. Filtrasi menggunakan susunan media TNZ RC.32-Cartridge granural karbon aktif-Melt blown flter cartridge 3 mikron dengan ukuran reaktor 20 inch merupakan susunan variasi media filter terbaik karena dapat menyisihkan 100% total coliform dari air hujan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 15, 2019
How to Cite
HASBIAH, Astri Widiyastuti; MULYATNA, Lili; PAHILDA, Widia Rahmawati. PENYISIHAN TOTAL COLIFORM DALAM AIR HUJAN MENGGUNAKAN MEDIA FILTER ZEOLITE TERMODIFIKASI, KARBON AKTIF, DAN MELT BLOWN FILTER CARTRIDGE. INFOMATEK: Jurnal Informatika, Manajemen dan Teknologi, [S.l.], v. 21, n. 1, p. 15-26, june 2019. ISSN 2614-7807. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/infomatek/article/view/1610>. Date accessed: 06 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.23969/infomatek.v21i1.1610.