Aims and scope

Jurnal INFOMATEK merupakan jurnal perencanaan, pengembangan  dan penerapan teknologi yang mewadahi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya di bidang INFORMATIKA, MANAJEMEN dan TEKNOLOGI. Jurnal ini ber tujuan untuk mendesiminasikan hasil dharma penelitian dan kegiatan ilmiah lainnya kepada masyarakat umum, termasuk komunitas ilmiah demi kemajuan bersama.

Lingkup Jurnal Infomatek meliputi:

  1. Teknik dan Manajemen Industri
  2. Teknik Mesin
  3. Teknologi Pangan
  4. Teknik Informatika
  5. Teknik Lingkungan
  6. Teknik Planologi, Perencanaan Wilayah Perkotaan
  7. Bidang teknik yang lain

Jurnal Infomatek terbit 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember.

Jurnal Infomatek telah terindeks DOAJ https://doaj.org/toc/1411-0865

Pemasukan manuskrip dapat dilakukan dengan pengiriman melalui email: yonik@unpas.ac.id

 

KEBIJAKAN REDAKSI

  1. UMUM

Kontribusi artikel dapat diterima dari berbagai institusi pendidikan maupun penelitian atau sejenis dalam bidang informatika, manajemen dan teknologi. Manuskrip dapat dikirim melalui sistem redaksi jurnal INFOMATEK yonik@unpas.ac.id.

  1. ELEKTRONIK MANUSKRIP
  1. Gunakan Microsoft Word versi Word 97-2003 Document sebagai media penulisan
  2. Manuskrip harus mengikuti aturan penulisan jurnal yang ditetapkan
    1. PENGETIKAN MANUSKRIP
  3. Pada halaman pertama dari manuskrip harus berisi informasi sebagai berikut:
    • Judul
    • Nama dan insitutsi penulis
    • Abstrak yang tidak boleh lebih dari 75 kata
    • kata kunci berisi maksimal 8 kata
    • catatan kaki dengan symbol bintang (*) pada halaman pertama ini berisi nomor alamat e-mail penulis
  4. Judul manuskrip diketik dengan huruf ‘Arial’ dengan ukuran 12 pt, abstrak dengan ukuran 9 pt, dan manuskrip dengan ukuran 10 pt.
  5. Abstrak harus menjelaskan secara langsung dengan bahasa yang jelas isi dari manuskrip, yaitu terdiri dari tujuan, metode, dan hasil. Singkatan atau akronim yang tidak lazim harus dijelaskan pada abstrak. Abstrak diketik dalam satu kolom dengan jarak satu spasi.
  6. Manuskrip ditulis menggunakan 1,5 spasi, 6pt sebelum paragraf dan 6 pt setelah paragraph.
  7. Setiap paragraf baru harus dimulai pada sisi paling kiri. Semua bagian dalam manuskrip (antara abstrak, teks, gambar, tabel dan daftar rujukan) berjarak dua spasi.
  8. Teks atau isi manuskrip diketik dalam dua kolom dengan jarak antar kolom 0,7cm dengan ukuran kertas lebar 19,3 cm dan panjang 26,3. Sisi atas dan bawah 3 cm, sisi samping kiri dan kanan 1,7cm.
  9. Setiap sub judul atau bagian diberi nomor urut romawi (seperti I, II, …,dst), diikuti sub-sub judulnya, mulai dari PENDAHULUAN sampai dengan DAFTAR RUJUKAN. Gunakan huruf capital untuk penulisan sub-judul
  10. Gambar-gambar harus ditempatkan setelah disebutkan dalam teks dan dengan kualitas yang baik serta diberi nama gambar dan nomor urut. Sama halnya untuk tabel.
  11. Persamaan harus diketik dengan jelas terutama untuk simbol-simbol yang jarang ditemui. Nomor persamaan harus ditempatkan di sisi sebelah kanan persamaan secara berurutan, seperti (1), (2).
  12. Sebutkan hanya referensi yang sesuai dan susun referensi tersebut dalam daftar rujukan yang hanya dan telah disebut dalam teks. Referensi dalam teks harus diindikasikan melalui nomor dalam kurung seperti [2]. Referensi yang disebut pertama kali diberi nama belakang penulisnya diikuti nomor urut referensi, contoh: Prihartono [3], untuk kemudian bila disebut kembali, hanya dituliskan nomor urutnya saja [3].
  13. Penulisan rujukan dalam daftar rujukan disusun secara lengkap sebagai berikut:

 

Sumber dari jurnal ditulis:

 

[1]  Knowles, J.C., and Reissner, E., (1958), Note on the stress strain relations for thin elastic shells. Journal of Mathematics and Physic, 37, 269-282.

 

Sumber dari buku ditulis:

 

[2]  Carslaw, H. S., and Jaeger, J. C., (1953), Operational Methods in Applied Mathematics, 2nd edn. Oxfortd University Press, London.

 

  1. Urutan penomoran rujukan dalam daftar rujukan disusun berurutan berdasarkan nama pengarang yang terlbih dahulu disebut dalam manuskrip.

Etika Publikasi Umum

Kode etika publikasi ilmiah yang digunakan adalah Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu

  • Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi;
  • Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan
  • Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tanggungjawab dan Etika Penyunting (plagiarism, gaya selingkung, aim and scope)

  1. Penyunting Jurnal INFOMATEK bertanggung jawab untuk memutuskan tulisan ilmiah yang dapat dipublikasi. Keputusan ini ditetapkan dalam rapat dewan penyunting. Penyunting memperhatikan hukum yang berlaku mengenai pelanggaran hak cipta, plagiarime dan pencemaran nama baik.
  2. Memeriksa keseuaian format tulisan ilmiah, dan melakukan korespondensi dengan penulis hingga format tersebut terpenuhi
  3. Menentukan 2 mitra bestari untuk mereview tulisan ilmiah yang telah sesuai format.
  4. Tim penyunting tidak akan mengungkapkan setiap informasi tentang naskah atau artikel yang masuk kecuali atas izin penulisnya.
  5. Artikel yang tidak dipublikasi dalam Jurnal INFOMATEK tidak akan digunakan untuk keperluan apapun oleh tim penyunting.

Tanggungjawab dan Etika Mitra Bestari

Mitra Bestari membantu penyunting dalam membuat keputusan terhadap naskah/artikel yang masuk dilihat dari mutu tulisan ilmiah.

  1. Mitra bestari bertanggungjawab terhadap pemeriksaan kualitas arikel yang direview
  2. Mitra bestari mereview secara adil, objektif dan menggunakan kaidah ilmiah yang berlaku
  3. Mitra bestari merahasikan informasi mengenai naskah yang direview.
  4. Mitra bestari memeriksa sitasi referensi serta potensi plagiarisme pada artikel yang direview.

 Tanggungjawab dan Etika Penulis

  1. Penulis bertanggung jawab terhadap tulisan yang dikirimkan ke Jurnal INFOMATEK, tidak mengandung pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, plagiarisme, fabrikasi data, dll.
  2. Penulis harus memenuhi kaidah penulisan artikel ilmiah sesuai dengan gaya selingkung Jurnal INFOMATEK.
  3. Penulis harus mematuhi persyaratan publikasi berupa orisinalitas karya, tidak plagiat, dan belum pernah diterbitkan di jurnal atau publikasi lain.
  4. Penulis dilarang mengirimkan/menerbitkan artikel yang sama ke lebih dari satu jurnal atau publikasi.

Penulis tidak berkeberatan jika naksah mengalami penyuntingan tanpa mengubah subtansi atau ide pokok tulisan.