HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KELUARGA MISKIN SEBAGAI MUSTAHIQ TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS DENGAN PEMBERDAYAANNYA DI DESA PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

  • Aldi Maulana UNPAS
  • Nina Kurniasih UNPAS

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Persepsi Keluarga Miskin Sebagai Mustahiq Tentang Pelaksanaan Program Zakat Community Development BAZNAS Dengan Pemberdayaannya Di Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat” Pelaksanaan program Zakat Community Development bertujuan untuk mengembangkan komunitas secara komprehensif dengan mengintegrasikan aspek ekonomi dan aspek sosial (pendidikan, kesehatan, agama, lingkungan, dan aspek sosial lainnya) yang pendanaan utamanya bersumber dari zakat, infaq, dan sedekah sehingga terwujud masyarakat sejahtera dan berdaya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi keluarga miskin sebagai mustahiq tentang pelaksanaan program Zakat Community Development di Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat, untuk mendeskripsikan pemberdayaan keluarga miskin sebagai mustahiq dalam pelaksanaan program Zakat Community Development di Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat dan mendeskripsikan hubungan antara persepsi keluarga miskin sebagai mustahiq tentang pelaksanaan program Zakat Community Development BAZNAS di Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat.
Metode yang digunakan adalah deskritif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang berisi beberapa item pertanyaan tentang persepsi terhadap masalah penelitian dan teknik pengumpulan data adalah observasi non partisipan, angket dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga miskin sebagai mustahiq yang menerima program Zakat Community Development BAZNAS berjumlah 45 keluarga. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala ordinal. Untuk pengujian hipotesis menggunakan statistik uji Kolerasi Rank- Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan atau korelasi antara Persepsi Keluarga miskin sebagai Mustahiq tentang Program Zakat Community Development Baznas dengan pemberdayaannya di Desa Padalarang Kabupaten Bandung Barat sebesar 0.893, hal ini menunjukkan korelasi yang kuat dan searah, sehingga dapat dikatakan apabila Persepsi Keluarga miskin sebagai Mustahiq tentang Program Zakat Community Development Baznas tinggi maka pemberdayaannya akan tinggi pula dengan besar hubungan 89,3%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 25, 2020
How to Cite
MAULANA, Aldi; KURNIASIH, Nina. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KELUARGA MISKIN SEBAGAI MUSTAHIQ TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM ZAKAT COMMUNITY DEVELOPMENT BAZNAS DENGAN PEMBERDAYAANNYA DI DESA PADALARANG KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 24 - 33, may 2020. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/2643>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles