HUBUNGAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN KOPERASI PETERNAK GARUT SELATAN (KPGS) DENGAN PEMBERDAYAAN PETERNAK DI KELOMPOK PAMEGATAN KABUPATEN GARUT

  • ricky budiman unpas
  • Drs. Sumardhani, M.Si UNPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentan hubungan partisipasi dalam kegiatan Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) dengan pemberdayaan peternak di “kelompok Pamegatan” Kabupaten Garut. KPGS merupakan koperasi yang berada di Kabupaten Garut yang bergerak dibidang pengelolaan ternak sapi perah yang menghasilkan susu, KPGS menaungi 5 Kecamatan, yaitu Cikajang, Cisurupan, Cihurip, Banjarwangi dan Pamulihan. Dalam usaha ternak ini, agar mendapatkan kualitas dan kuantitas susu terbaik, maka perlu diadakannya pemberdayaan terhadap peternak untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam usaha ternaknya serta sejauh mana tingkat partisipasi peternak dalam kegiatan yang ada di KPGS tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Responden penelitian ini adalah peternak yang tergabung ke dalam KPGS yang berada di “kelompok Pamegatan” Kabupaten Garut. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara partisipasi dalam kegiatan Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) dengan pemberdayaan peternak di “kelompok Pamegatan” Kabupaten Garut menunjukan adanya hubungan yang berarti dan searah dengan besar hubungan 0.742 atau 74,2%, sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi partisipasi peternak dalam kegiatan Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) maka akan terbentuk pemberdayaan peternak yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 25, 2020
How to Cite
BUDIMAN, ricky; SUMARDHANI, M.SI, Drs.. HUBUNGAN PARTISIPASI DALAM KEGIATAN KOPERASI PETERNAK GARUT SELATAN (KPGS) DENGAN PEMBERDAYAAN PETERNAK DI KELOMPOK PAMEGATAN KABUPATEN GARUT. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 12 - 23, may 2020. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/2642>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles