ANALISIS BUNGA TELANG ( Clitoria ternatea ) DENGAN VARIASI Ph METODE LIQUID CHROMATOGRAPH-TANDEM MASS SPECTROMETRY (LC-MS/MS)

  • Sumartini Sumartini Universitas Pasundan

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pH optimum dan kandungan senyawa aktif pada bunga telang ( Clitoria ternatea ). Manfaat dari penelitian adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai kandungan bunga telang sehingga dapat  di maksimalkan  penggunaan nya. Penelitian ini meliputi penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Pada penelitian pendahuluan dilakukan analisis aktivitas antioksidan pada ekstrak bunga telang kering dengan berbagai pH yaitu 4, 5 dan 6 untuk menentukan aktivitas antioksidan terkuat. Pada penelitian utama digunakan instrument LC-MS/MS unttuk mengetahui kandungan senyawa apa yang ada dalam ekstrak bunga telang. Hasil  penelitian pendahuluan yaitu aktivitas antioksidan terkuat pada ekstrak bunga telang kering pH 6 dengan aktivitas antioksidan sebesar 344,17 ppm. Hasil penelitian utama ekstrak bunga telang memiliki  12 antosianin 18 flavonol dan 11 flavon

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 7, 2020
How to Cite
SUMARTINI, Sumartini. ANALISIS BUNGA TELANG ( Clitoria ternatea ) DENGAN VARIASI Ph METODE LIQUID CHROMATOGRAPH-TANDEM MASS SPECTROMETRY (LC-MS/MS). Pasundan Food Technology Journal (PFTJ), [S.l.], v. 7, n. 2, p. 70-77, sep. 2020. ISSN 2615-1405. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/foodtechnology/article/view/2983>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/pftj.v7i2.2983.