PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEMASAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (SURVEY PADA PEDAGANG KALUA JERUK CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG)

  • Fitriani Fitriani Universitas Nurtanio Bandung

Abstract

Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu Kualitas Produk, Kemasan dan Volume Penjualan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif verifikatif untuk mengetahui gambaran objek yang sedang diteliti dan kemudian menguji kebenaran dari suatu hipotesis yang dilakukan melalui pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi dalam peneltian ini sebanyak 30 responden yaitu pedagang oleh-oleh makanan khas Ciwidey Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah sampling jenuh. Setelah data dikumpulkan kemuadian dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan Software SPSS 12 for Windows. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kualitas produk kemasan, volume penjualan serta mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap volume penjualan, pengaruh kualitas produk dan kemasan secara simultan terhadap volume penjualan pada pedagang makanan oleh-oleh khas Ciwidey Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bawa Kualitas Produk dan Kemasan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Volume Penjualan. Hasil perhitungan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda mendapatkan persamaan = -1.460 + 0.071 X1 + 0.030 X2 artinya peningkatan Kualitas Produk sebesar 1 satuan dan variabel lainnya konstan, sehingga Volume Penjualan akan meningkat sebesar 0.071 dan setiap peningkatan Kemasan sebesar 1 satuan dan variabel lainnya konstan, sehingga Volume Penjualan meningkat pula sebesar 0.030. Koefisien korelasi antara kualitas produk dan kemasan terhadap volume penjualan sebesar 0.938. Nilai tersebut menunjukan adanya pengaruh sebesar 87,98% yang artinya adalah kontribusi pengaruh Kualitas Produk dan Kemasan terhadap Volume Penjualan pada Oleh-Oleh Kahas Ciwidey Kabupaten Bandung adalah 87.98% dan sisanya sebesar 12.02% yang merupakan faktor-faktor lain dianggap berpengaruh tetapi diabaikan dan tidak diteliti oleh penulis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 15, 2020
How to Cite
FITRIANI, Fitriani. PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEMASAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN (SURVEY PADA PEDAGANG KALUA JERUK CIWIDEY KABUPATEN BANDUNG). Business Preneur: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 23 - 33, apr. 2020. ISSN 2656-9361. Available at: <http://journal.unpas.ac.id/index.php/businesspreneur/article/view/2412>. Date accessed: 21 oct. 2020.