Peningkatan Kemampuan Pemahaman Membaca dan Kemampuan Menulis Ringkasan dengan Model Pembelajaran Penemuan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaung

Authors

  • Nandang Aceng SMPN 1 Cimaung

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4391

Keywords:

KPM, KMR, Model Penemuan, Pemahaman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model penemuan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca (KPM) dan kemampuan menulis ringkasan (KMR) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cimaung. Metode penelitan menggunakan penelitian campuran yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Cimaung Kabupaten Bandung dengan jumlah 40 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas instrumen tes KPM dan KMR, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model penemuan berpengaruh besar terhadap peningkatan KPM dan KMR. Hasil perhitungan uji t  KPM diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata KPM pretest dan posttest siswa. Sementara itu, untuk KMR diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000< a = 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata KMR pretestdan posttest siswa. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa peningkatan nilai rata-rata KPM berpengaruh terhadap peningkatan nilai rata-rata KMR dengan pengaruh sebesar 58,3 %. Peningkatan KPM secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan KMR, berdasarkan nilai Fhitung (53,195) > Ftabel (3,245) dan Nilai Sig. 0,000 < a = 0,05.   Kata Kunci : KPM, KMR, Model Penemuan, Pemahaman.    

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Suriarmiharja, dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ahuja, Pramila dan Ahuja. 2007. How to Read Effectively and Efficiently. New. Delhi: Sterling Publishers

Akhadiah, Subarti, dkk. 1988. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djaali. 2007, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Djiwandono, M. Soenardi. 2011. Test Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Djiwatampu, Meithy. 2008. Membaca untuk Belajar (cetakan ke-2). Jakarta: Balai Pustaka.

Gunasa, Singgih. 2007. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Gunung Mulia.

Hadi, Amirul Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka.

Hardjasudjana. 1988, Materi Pokok Keterampilan Membaca Modul 1, 3, 4, 6, Jakarta: Karunia

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Iriani, Pritha Rizki. 2012. “Instrumen Keefektifan Strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman Isi Buku.” Tidak diterbitkan.

Keraf, Gorys. 2004. Diksi dan Gaya Bahasa: Komposisi Lanjutan 1. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Matlin, Margaret W. 2005 Cognition, New York: Wiley.

Newfield, Tim. 2001. Teaching Summarizing Skill: Some Practical Hints (ELJ Journal). Didapat dari http://www.tnewfields.info/Articles/sum.htm

Nurhadi, 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Parera, J. Daniel. 1993. Leksikon Istilah Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis, Jakarta: Pt. Remaja Rosda Karya.

Razak, Abdul, Membaca Pemahaman teori dan Aplikasi Pengajaran. Pekanbaru: PT. Autogragi, 2001.

Roestiyah. 2002. Metode Eksperimen. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis. . . Siapa Takut?. Bandung: Kanisius.

Ruseffendi, ET. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Edisi Revisi). Bandung: Tarsito.

Snow, Catherine. 2002. Reading for Understanding: Toward an R&D Program in Reading Comprehension. Santa Monica: RAND Corporation.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Cet.IX; Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA. UPI.

Tarigan, Henry Guntur. 2015, Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: CV. Angkasa

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2023-05-18