PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 BANDUNG KABUPATEN BANDUNG
Sebuah Alternatif Model Pembelajaran Interaksi Tatap Muka dan Virtual pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.6124Keywords:
berpikir kritis, blended learning, menulis teks tanggapan, blended learning, critical thinking, writing response textAbstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis teks tanggapan, terutama saat pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 yang berakibat pada rendahnya hasil belajar menulis teks tanggapan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX dengan memanfaatkan teknologi digital melalui model blended learning (pembelajaran bauran). Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran (mixed metode) tipe penyisip (the embedeed design). Dalam penelitian ini, pengolahan data lebih menekankan pada pengujian kualitatif. Pengujian dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI A MTs Negeri 1 Bandung Kab. Bandung yang berjumlah 31 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas. Data dianalisis berdasarkan hasil pretest dan posttest serta observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Perbandingan hasil tes menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas XI A. Selain itu, penerapan model blended learning dapat meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis. Peningkatan nilai tertinggi pretest-posttest dari 66 menjadi 85 dan nilai terendahnya pun mengalami peningkatan dari 24 menjadi 33.Downloads
References
Ali, M. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.
Alwasilah, A.C dan Senny. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Creswell, John W. 2017. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, Kadek Cahya. Dkk. 2019. Blended Learning: Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Bali: Swasta Nulus.
Epstein, Richard L. (2006). Critical thinking third edition. USA: Thomson Wadsworth.
Fisher, A. (2008). Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Hidayati, Panca Pertiwi. 2020. Pedoman Penulisan Tesis. Bandung: Universitas Pasundan.
Hidayati, Panca Pertiwi. 2018. Pembelajaran Menulis Esai: Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Pelangi Press.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka.
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Heinze and Procter. 2006. Oxford English Dictionary.
Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.
Kustandi, S. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widia.
Mahsun. (2016). Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali Pers.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ramsay. (2001). Teaching and Learning With Information and Communition Tecnology. Succes Through a Whole Schoo.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo
Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Samsu. 2017. METODE PENELITIAN: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Jambi: Pusaka Jambi.
Slamet, St.Y. 2008. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugono, Dendy. 2009. Buku Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.
Syamsuddin dan Damayanti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. (2018). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thorne, K. 2013. Blended Learning How To Integrate Online and Traditional Learning. London: Kogan Page.