PENGGUNAAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI BERORIENTASI PADA KESANTUNAN BAHASA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 19 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Authors

  • Veliana Nurysamsiah SMA Negeri 19 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.6111

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (a) untuk mengetahui seginifikansi kemampuan menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 yang sebelum dan setelah diterapkan metode example non example; (b) untuk mengetahui perbandingan kemampuan menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 yang menggunakan metode example non example dengan metode konvensional; (c)untuk mengetahui dampak metode example non example dalam pembelajaran menulis teks negosiasi tehadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019; dan (d) untuk mengetahui perbandingan dampak berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMAN 19 Bandung tahun pelajaran 2018-2019 dengan menggunakan metode example non example dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Penelitian ini menyajikan hasil pembelajaran menulis teks negosiasi yang berorientasi pada kesantunan berbahasa dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapat kesimpulan bahwa pembelajaran menulis teks negosiasi yang berorientasi pada kesantunan berbahasa dapat membantu peserta didik dalam proses berpikir kritis di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga model example non example dapat menjadi alternatif pemilihan metode pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretes rata-rata peserta didik kelas eksperimen mendapatkan 54, sementara perolehan rata-rata nilai postes 67. yang menunjukan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretes kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 53, sementara nilai rata-rata postes 65, juga menunjukan kenaikan.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhaidah, Sabarti, dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aqib, Zainal. (2017). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YramaWidya.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: RinekaCipta

Feldman. (2010). Berpikir Kritis Strategi untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Indeks.

Fisher. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Akhaidah, Sabarti, dkk. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aqib, Zainal. (2017). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: YramaWidya.

Cece Wijaya. (1996). Pendidikan Remidial Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: RinekaCipta

Feldman. (2010). Berpikir Kritis Strategi untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT Indeks.

Fisher. (2008). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hidayati. (2015). Pembelajaran Menulis Essai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Prisma Press Prodaktama.

Huda, Miftahul. (2107). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar.

Kosasih. (2014). Jenis – jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Pranowo. (2012). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahardi, K, dkk. (2016). Pragmatik (Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa). Jakarta: Erlangga

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Sihotang, dkk. (2012). Critical Thinking: Membangun Pemikiran Logis. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Subana, M & Sudrajat. (2009). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Subandi. (2016). Mandiri Bahasa Indonesia Jilid 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuliataif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunendar. H. D. dan Iskandarwassid. (2011). Srategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Downloads

Published

2022-09-30