MENINGKATAN KETERAMPILAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA TEKS OBSERVASI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BACA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 1 PURWAKARTA

Authors

  • Yeni Nurhayani MTsN 1 Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.6101

Keywords:

berpikir kritis, discovery learning, gagasan utama, minat baca.

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran membaca teks observasi menggunakan metode discovery learning, mengukur peningkatan keterampilan menemukan gagasan utama teks observasi dan mendeskripsikan dampak penggunaan metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir krtitis dan minat baca siswa. Metode yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Method). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kabupaten Purwakarta Tahun Pelajaran 2020-2021 sampelnya kelas VII-A sebanyak 40 siswa/responden. Data dikumpulkan melalui instrument penelitian (tes dan kuesioner). Instrumen tes mengumpulkan data variable X1 (Menemukan Gagasan Utama) dan data variabel X2 (Kemampuan Berpikir Kritis), sedangkan kuesioner data variabel Y (Tentang Minat Baca). Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris dengan teknik analisis Determinasi dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pembelajaran menggunakan metode discovery learning membuat siswa responsif dan aktif di kelas; (2) Terdapat peningkatan tes kemampuan menemukan gagasan utama teks observasi setelah menggunakan metode discovery learning; (3) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat baca siswa. setelah menggunakan metode discovery learning. Maka dampak penggunaan metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir krtitis dan minat baca siswa memperoleh peningkatan sebesar 11,6% dan sisanya 88,4% dipengaruhi oleh variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Aditama.

__________ (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Yunus., Tita Mulyati, Hana Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi. Bandung: Bumi Aksara.

Ahuja, Pramila dan G.C. Ahuja. (2010). Membaca secara Efektif dan Efisien. Bandung: Kiblat.

Alwi, Hasan, dkk. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.

Anderson, L.W. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arend, R.T. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Artati, Budi Y, Darmawati Uti. (2016). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII. Klaten: Intan Pariwara.

Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Bardiati, Ika. (2010). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pakem (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Bandung: Sega Arsy.

Bird, C. (2001). Menulis dengan Emosi. Alih Bahasa: Eva Y. Nukman. Bandung: Kaifa.

Brookhart, S.M. (2013). How to Create and Use Rubrics for Formative Assesment and Grading. Alexandri: ASCD.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eriyanto. (2005). Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Fisher, A. (2009). Berfikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Harjasujana, Ahmad Slamet. (2003). Membaca dalam Teori dan Praktek. Bandung: Mutiara.

Harsiati, Titik. Agus Trianto dan E. Kosasih. (2017) . Bahasa Indonesia SM?/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementeria Pendidikan dan Kebudayaan.

Hidayati, Panca Pratiwi. (2018) Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Pelangi Press.

Indrawan, Rully., & Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Kemendikbud. (2013). Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama, Modul. Tidak diterbitkan.

Keraf, Gorys. (2004). Komposisi. Flores: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks, Jakarta: Yrama Widya.

Kurniawan, Heru. (2014) Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nitko, A.J. (1996). Educational Assesment of Students. New Jersey: Merril an Imprint of Prentice Hall.

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.

Nurhadi, (2007). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

__________ (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Suatu Teknik Memahami Literatur yang Efisien. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

__________ (2016). Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuriadi. (2008). Teknik Jitu menjadi Pembaca Terampil. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Ramly, Amir Tengku. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Saefuddin, Asis dan Ika Berdiati. (2016). Pembelajaran Efektif. Bandung: Rosdakarya.

Sakri, Adjat. (2000). Bangun Paragraf Bahasa Indonesia. Bandung: ITB.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Agus. (2002). Baca Kilat. Bandung: Gramedia Pustaka Utama.

Slavin, Robert, dkk. (2014). Membaca Membuka Pintu Dunia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soedarso. (2005). Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia.

Sudarsono, S. (2004). Character Building (Membangun Watak). Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

__________ (2010). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

__________ (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhendar, M.E. (1992). MKDU Bahasa Indonesia. Bandung: Pionir Jaya.

Suyatno. (2007). Pembelajaran Koperatif Inovatif. Surabaya: Meia Buana Pustaka.

Syah, Muhibin. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tampubolon, (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien, Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1984). Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.

__________ (2015). Edisi Revisi. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo, Hari dan Hendriyani. (2018). Materi Umum Bahasa Indonesia SMP. Depok: Puri Cipta Media.

Wikipedia Indonesia. (2007). Gagasan. http://id.wikipedia.org/wiki/ide.

Jurnal-Penelitian:

Damayanti, Tati. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Film Melalui Optimalisasi Media Film dengan Menggunakan Model Discovery Learning Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Bandung. dalam Jurnal Wistara Vol. 1 Nomor 1 Maret 2018.

Hergisa, Rina. (2018). “Pengintegrasian Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Membaca Puisi dan Dampaknya Terhadap Minat Baca Siswa SMKN 3 Bandung”. dalam Jurnal Wistara Vol.II.No 1 Maret 2019.

Iwayantari, Erni. (2019). Penerapan Gerakan LIterasi Sekolah dalam Meingkatkan Kemampuan Membaca Pemahamand an Dampakya Terhadap Upaya Menumbuhkan Nilai-ilai Karakter di SMPN 1 Bojongsoang. dalam Jurnal Wistara Vol. II Nomor 1 Maret 2019.

Khoiriyah, Siti Utami. (2015). Jurnal Sosial Vol.16 Nomor 1 Maret 2015 Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Melalui Media Surat Kabar Siswa Kelas VII G di MTsN Kota Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014.

Maryani, Yani. (2018). “Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas X SMKN 3 Bandung Tahun Pelajaran 2017-2018”, Bandung: Proposal Penelitian, tidak diterbitkan.

Muktiali, Saiful. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Debat Berorientasi pada Argumentasi Pro dan KOntra dengan Menggunakan Media Audio Visual serta Dampaknya pada Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK Garuda Nusantara Cikarang Selatan Tahun Pelajaran 2018-2019. Dalam Tesis. Bandung: Pascasarjana Universitas Pasundan.

Nurgiantoro, Burhan dan Pujiyat I Suyata. (2009). “Pengembangan Penilaian Model Otentik dalam Pembelajaran Bahasa”. Jurnal. Cakrawala Pendidikan, Tahun XXVIII. No.3.

Nursidik, Deden. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajara Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dan Dampaknya Trhadap Kemampuan Beropkir Kritis Peserta Didik SMPN 2 Kalipucung. dalam Jurnal Wistara Vol.II.No 2 September 2019.

Priyatni, Endah Tri. (2011). “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Berbasis Intervensi responsif dengan Multimedia.” Disertasi. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Puri, Rika Media. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menginterpretasi Teks ulasan Film pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. dalam Jurnal Wistara Vol.I No 1 Maret 2018.

Rahmawati, Rina. (2018). “Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XII SMK Al-Falah Dago Bandung”. dalam Jurnal Wistara Vol.1.No 2 September 2018.

Syarifudin, Furqon. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Membaca Pemahaman terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Margaasih Kabupaten Bandung. Dalam Tesis. Bandung: Pascasarjana Universitas Pasundan.

Internet:

https://www.liputan6.com/global/read/4126480/skor-terbaru-pisa-indonesia-merosot-di-bidang-membaca-sains-dan-matematika. Peringkat Indonesia Merosot dalam Evaluasi Programme for International Student Asessment (PISA), diakses Sabtu, 04 Juli 2020.

https://www.kompasiana.com/frncscnvt/5c1542ec677ffb3b533d6105/pisa-dan-literasi-indonesia?page=2. Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan, diakses Sabtu, 04 Juli 2020.

http://bagawanabiyas.wordpress.com. Kemampuan Berpikir Kritis. diakses tanggal 11 juni 2019

Downloads

Published

2022-09-30