PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA VIRTUAL DALAM MENELAAH KETEPATAN STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PERSUASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMPN 4 CIMAHI

Authors

  • Nia Anita SMP NEGERI 4 CIMAHI

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v5i2.6094

Keywords:

Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Persuasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis dampak serta hubungan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian adalah Mix Method tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cimahi, dan sampel dipilih secara acak atau (random sampling), yaitu kelas VIII K sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi, berpikir kritis dan soal non tes berupa angket dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: Terjadi peningkatan kualitas hasil belajar yang cukup baik untuk kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi dengan media virtual dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori (konvensional). Kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (konvensional. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dengan media virtual berdampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menelaah struktur dan kebahasaan teks persuasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, Hasan. Dkk. (2010). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Daryanto. (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Helmawati. (2019). Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Heriawan, Adang. Dkk. (2013). Metodologi Pembelajaran Kajian Teori dan Praktis. Banten: LP3G (Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Profesi (Guru).

Hidayati, Panca Pertiwi. ( 2020). Pedoman Penulisan Tesis. Bandung: Prodi Magister Bahasa dan Sastra Indonesia Pascasarjana Universitas Pasundan.

Hidayati, Panca Pertiwi. ( 2018). Pembelajaran Menulis Esai Berorientasi Peta Berpikir Kritis. Bandung: Pelangi Press.

Huda, Miftahul. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Indrawan, Rully dan Poppy Yaniawati. ( 2014). Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. ( 2018). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. (2008). Jakarta: Balai Pustaka

Keraf, Gorys (2011). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Gramedia.

Kosasih, E. (2016). Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan , Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan , Balitbang, Kemendikbud.

Kosasih, E. Endang Kurniawan. (2016) Jenis-Jenis Teks, Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. (2013). Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum Suatu Pendekatan Praktisi. Jakarta: Rajagrafindo

Mahmudd. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, J.L. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Yadi dkk. (2016). Intisari tata bahasa Indonesia untuk SMP dan SMA. Bandung; Yrama Widya.

Muslihudin. Ade Sudrajat, dan Ujang Hendra. (2012). Revolusi Mengajar. Bandung: HPD Press.

Nurdiana, Dwi Rita. (2018). Keterampilan berpikir Kritis dalam Kurikulum 2013. https://radarsemarang.com/2018/05/19/keterampilan-berpikir-kritis-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-k13/

Nurgiyantoro, Burhanudin. (2016). Penilaian Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Yoyakarta: BPFE.

Ratnasari, Ririk. (2019). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis melalui Bahasa. https://www.kompasiana.com/riek/5cc1c2b495760e0c4402c292/ membangun-keterampilan-berpikir-kritis-melalui-bahasa?page=all

Rachmawati, Tutik. Daryanto. (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media

Riduwan. (2008). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sa’ud, Udin Syaefuddin. (2008). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Budi. (2018). Bahasa dan sastra Indonesia untuk kelas VIII SMP dan MTs. Solo; Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Waridah, Ernawati. (2017). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Bandung: Ruang Kata.

https://serupa.id/teks-persuasif-pengertian-struktur-ciri-jenis-kaidah-langkah/

Downloads

Published

2022-09-30