PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE POSTER COMMENT UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.4875Keywords:
Teks prosedur, metode poster comment, literasi informasi.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment dan pengaruhnya terhadap peningkatan literasi informasi pada peserta didik kelas XI SMA PGRI 2 Bandung tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method) dengan jenis penelitian tipe The Exploration Squensial Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk menguji kemampuan mengidentifikasi teks prosedur serta mengidentifikasi kemampuan literasi informasi peserta didik di kelas XI SMA PGRI 2 Bandung. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment bagi kelas eksperimen tidak jauh lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri sebagai kelas kontrol. 2) Hasil dari peningkatan kemampuan literasi informasi peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment sebagai kelas eksperimen memiliki peningkatan yang sama dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri sebagai kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dengan menggunakan metode poster comment sebagai kelas eksperimen sangat terlihat jelas perbedaannya dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri.4) Perbedaan keefektifan metode poster comment dalam pembelajaran mengidentifikasi teks prosedur dalam peningkatan kemampuan literasi informasi sebagai kelas eksperimen tidak adanya perbedaan yang siginifikan dengan peserta didik yang menggunakan metode inkuiri.Downloads
References
A. Tafisr. (2011). Pengembangan wawasan profesi guru:Bahan ajar PLPG. Bandung: FTIK UIN Sunan Gunung Jati.
Anam, Khoirul. (2017). Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Apriyanti, Mega. (2010). Literasi Informasi Pemustaka: Studi Kasus di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Skripsi. Universitas Indonesia
Azura. (2017). Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Situan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jurnal online. 1-10.
Djatmika. (2018). Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Fathurrohman, M. (2017) Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media
Hamidah, Nur. Zamzani. (2016). Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Membacauntuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama. Vol. 3 No. 1. Hlm 75-88
Hergisa, Rina. (2018). Pengintegrasian Gerakan Literasi Sekolah dalam Pembelajaran Membaca Puisi dan Dampaknya Terhadap Minta Baca Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata 1 SMKN 3 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Tesis. MPBI Pascasarjana UNPAS Bandung.
Hidayatullah, Muhammad Nur. (2013). Penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk peningkatan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Jatimulyo 3 Malang. Skirpsi. PGMI FITK Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Setiarini, Indah Wukir & Santi Artini. (2013). Bahasa Indonesia 1: Kelas X SMK. Bogor: Yudhistira.
Indrawan, Rully & Poopy Yaniawati. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung. Refola Aditama
Knapp, P and Megan Watkins. (2005). Genre text, Grammar: Technologies for teaching and assessing writing. Australia: University of New South Wales Press Ltd.
Kosasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama widya.
Mahsun. (2014). Teks dalam pembelajaran bahasa indonesia kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali pers.
Noerjanah, Ajeng. Yusur Suryama. Sumardi. (2016). Penerapan Metode Poster Comment untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas IV. Vol 3, No 2. Hlm. 262-271
Nurlatifah, Pipih. (2013). Penggunaan metode poster comment dalam pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas 1 MI Pasirangin Sukabumi. Skripsi. PGMI FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pattah, Hussaebah. (2014). Literasi informasi : Peningkatan kompetensi informasi dalam proses pembelajaran. Jurnal ilmu perpustakaan & keaesipan Khizanah Al-Hikmah, Vol. 2 No. 2, hlm. 117-128.
Pipih, Nurlatifah. (2013). Penggunaan Metode Poster Comment dalam Pembelajaran Menulis Tegak Bersambung Siswa Kelas I MI Pasirangin 1 Sukabumi. Skripsi. Universitas Islam Negeri
Priyanti, Tri. (2014). Desain pembelajaran bahasa indonesia dalam kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa.
Pusat Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta.
Roza Novi Linda. Pembelajaran menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMKN 4 Bandar Lampung. Jurnal Kota. 1-10.
Rusmini. (2018). Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra FBS Universitas Negeri Makassar.
Semi, M. Atar. (2007). Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Solichin, Moch. (2013). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VA SD Negeri Bendan Ngisor Semarang. Universitas Negeri Semarang
Verzosa, Fe Angela. (2009). “User Education and Information Literacy: Current Practices and Innovative Strategies
Zurinal Z dan Wahdi Sayuti. (2006). Ilmu pendidikan, pengantar & dasar-dasar pelaksanaan pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press.