KAJIAN MENGENAI PANDANGAN PENGGUNA TERHADAP SARANA SANITASI DI SMK NEGERI COMPRENG, KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Deni Rusmaya Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Hary Pradiko Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Reviardi Redi Nugroho Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v3i1.1498

Keywords:

Sanitasi sekolah, pendapat pengguna, kuisioner

Abstract

Sarana sanitasi sekolah merupakan kebutuhan penting yang harus diperhatikan kualitas dan kuantitasnya untuk menjaga kondisi lingkungan dan kesehatan tetap baik dan terjaga. SMK Negeri Compreng merupakan satu-satunya sekolah kejuruan yang terdapat di Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang terdapat di SMK Negeri Compreng berkaitan dengan fasilitas sanitasi berdasarkan pandangan penggunanya. Metode yang digunakan adalah penyebaran kuisioner terhadap pengguna fasilitas sanitasi. Berdasarkan survey tersebut, diperoleh bahwa sebanyak responden 79,4% berpendapat fasilitas air bersih layak. Sedangkan terhadap fasilitas air limbah, terdapat 62,9% responden yang berpendapat fasilitas tersebut layak. Responden yang menyatakan bahwa fasilitas drainase layak hanya 32,4%, sedangkan yang menyatakan bahwa fasilitas pengelolaan sampah layak adalah 40,8%. Dilihat secara keseluruhan fasilitas sanitasi, sebanyak 54% responden menyatakan masih layak digunakan. Hasil kajian memperlihatkan bahwa prioritas perbaikan fasilitas sanitasi adalah pada sarana drainase dan pengelolaan sampah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmoko, T. P. (2017). Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan. Jurnal Khasanah Ilmu , Vol. 8, No. 1: 1-9.

Santi, A. U., & Bahiij, A. a. (2018). Kondisi Sanitasi di Tiga Sekolah Dasar Negeri di Daerah Tangerang Selatan. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, Vol. 2, No 1: 30-36.

Sevilla, & al, e. (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Downloads

Published

2019-03-29