PENENTUAN FASILITAS SANITASI BERDASARKAN PERSEPSI SANTRI DI TAHFIDZ QUR’AN MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) ASSALAM KOTA BANDUNG

Authors

  • Deni Rusmaya Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Anni Rochaeni Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Nike Purnama Dewi Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v3i1.1497

Keywords:

Kuisioner, persepsi, pondok pesantren, sanitasi

Abstract

Kegiatan yang melibatkan sanitasi di pondok pesantren merupakan hal yang harus diperhatikan agar kualitas kesehatan dan lingkungan tersebut tetap terjaga dengan baik. Salah satu pondok pesantren yang memiliki santri relatif banyak di Bandung adalah Tahfidz Qur’an Madrasah Tsanawihyah (MTS) Assalam. Pemeliharaan kesehatan dan lingkungan di MTS Assalam harus disertai dengan perencanaan dengan fasilitas kesehatan yang baik. Kajian ini dilakukan untuk merencanakan fasilitas sanitasi berdasarkan persepsi santri di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an MTS Assalam, Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah menyebarkan kuisioner terhadap responden, yaitu santri, berjumlah 72 orang. Hasil survey ini memperlihatkan bahwa dominasi persepsi santri (71%) terhadap fasilitas penanganan air limbah tergolong resiko sedang, terhadap drainase paling dominan (50%) tergolong resiko rendah, terhadap pengelolaan sampah dominan (55%) tergolong resiko sedang. Secara keseluruhan, dominasi persepsi santri sebanyak 71% menggolongkan fasilitas sanitasi pada resiko sedang. Dari persepsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perlu ditingkatkan kondisi sanitasi di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an MTS Assalam dengan merencanakan fasilitasnya dengan baik secara kuantitas dan kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miswary, T., & Indarjanto, H. W. (2017). Evaluasi Sistem Plambing, Instalasi Pengolahan Air Limbah dan Pengelolaan Sampah di Rumah Susun Gunung Sari Kota Surabaya. Jurnal Teknik ITS , Vol. 6, No. 2: D104-D110.

Parman, Hamdani, Rachman, I., & Pratama, A. (2017). Faktor Risiko Hygiene Perorangan Santri terhadap Kejadian Penyakit Kulit Skabies di Pesantren Al-Baqiyatushshalihat Tanjung Jabung Barat Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi , Vol 17, No 3: 243-252.

Sevilla, & al, e. (2007). Research Methods. Quezon City: Rex Printing Company.

Wahyudin, U., & Arifin, H. S. (2015). Sosialisasi Sanitasi Diri dan Lingkungan di Pesantren Salafi melalui Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dalam Membentuk Sikap Santri terhadap Sanitasi. Jurnal Kajian Komunikasi , Vol 3, No 2: 148-153.

Downloads

Published

2019-03-29