IDENTIFIKASI KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN TIMBULAN AIR LIMBAH TEMPAT PELELANGAN IKAN DESA KARANGSONG, KECAMATAN INDRAMAYU, KABUPATEN INDRAMAYU

Authors

  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Lili Mulyatna Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Suwirkas Suwirkas Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v2i2.1458

Keywords:

kebutuhan air bersih, timbulan air limbah, TPI higienis

Abstract

Sampai saat ini di Indramayu belum memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang menerapkan sistem sanitasi yang higienis. Penerapan sistem fasilitas sanitasi yang higienis mutlak diperlukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna dan lingkungan sekitarnya.Tempat Pelelangan Ikan Karangsong di Kabupaten Indramayu menempati lahan seluas 4000 m2 dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, dilengkapi dengan dermaga yang berfungsi sebagai tempat bersandarnya kapal atau perahu ketika membongkar muatan. Tujuan penelitian in adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan air bersih dan timbulan air buangan di Tempat Pelelangan Ikan Karangsong Kabupaten Indramayu. Identifikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai dasar penentuan konsep penyediaan prasarana agar dapat  berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan tingkat pelayanan yang direncanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, mengamati dan mengambil data kondisi eksisting serta menentukan alternatif penyediaan fasilitas sanitasi untuk TPI higienis sesuai dengan literatur yang tersedia. Perhitungan menunjukkan bahwa kebutuhan air minum adalah 0,025 liter/detik, dengan fluktuasi 0,04375 liter/detik. Secara total, kebutuhan air bersih untuk TPI ini adalah 1,862 liter/detik. Jumlah air buangan yang ditimbulkan adalah 1,494 liter/detik. Hasil identifikasi karakteristik air buangan menunjukkan bahwa nilai BOD mencapai nilai 836 mg/L, COD sebesar 128 mg/L dan nitrat sebesar 150mg/L. Nilai konsentrasi yang ditunjukkan dari karakteristik limbah TPI menunjukkan perlunya disediakan instalasi pengolahan air limbah dengan efisiensi yang tinggi. Unit utama dalam pengolahan air limbah TPI ini adalah septic tank termodifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ningrum, P. T. (2017). Kondisi Sanitasi Tempat Pelelangan Ikan dan Pengelolaan Limbah di Wilayah Pesisir Puger Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan III , 321-326.

Pratiwi, R. S., & Purwanti, I. F. (2015). Perencanaan Sistem PenyaluranAir Limbah Domestik di Kelurahan Keputih Surabaya. JURNAL TEKNIK ITS , Vol. 4, No. 1: D-40-D44.

Sedianingsih, P., Mooniarsih, N. T., & Sujana, I. (Maret 2014). Rancang Bangun Mesin Pengolah Limbah Ikan Menjadi Tepung Ikan. Jurnal ELKHA , Vol.6 No 1: 37-40.

Wisesa, D. M., & Slamet, A. (2016). Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Rumah Susun Tanah Merah Surabaya. JURNAL TEKNIK ITS , Vol. 5, No. 2: D199-D203.

Downloads

Published

2019-03-04