UJI FUNGSI PARU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PABRIK BATU KAPUR DI DESA GARAWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Authors

  • Lili Mulyatna Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Happy Dhamayantris Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v2i2.1455

Keywords:

Nilai Arus Puncak Ekspirasi, Uji Fungsi Paru

Abstract

Fungsi paru-paru manusia dapat menurun karena terpapar debu. Gangguan fungsi paru-paru umumnya terjadi karena adanya faktor individu dan faktor lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi paru-paru anak di daerah sekitar pabrik batu kapur. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Peak Flow Meter sebagai pengukur uji fungsi paru. Selain itu dilakukan pulan pengukuran tinggi badan dan usia anak. Sebagai responden adalah murid-murid Sekolah Dasar Garawangi II, yang bertujuan mengetahui kondisi dan mengetahui faktor-faktor yang terkait dengan fungsi paru di sekitar pabrik batu kapur. Jumlah responden adalah 226 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dari 226 responden, 14 anak tidak sesuai sebagai responden, 100 (47%) anak yang memiliki kondisi paru-paru normal dan 112 (53%) anak didiagnosis dengan gangguan fungsi paru. Faktor yang terkait dengan hasil ini adalah usia, tinggi dan jenis kelamin. Terdapat faktor lain yang juga diteliti namun secara statistik tidak terhubung yaitu menjadi perokok pasif dan jarak rumah di dekat pabrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeniyi, B. O., & Erhabor, G. E. (2011). The peak flow meter and its use. African Journal of Respiratory Medicine , 5-8.

Idrus, S. W. (2013). Pencemaran Udara Akibat Pengolahan Batu Kapur di Dusun Open Desa Mangkung Praya Barat. J.Pijar MIPA , Vol. VIII No.2 : 85 - 90.

Rachmawati, S., M.Masykuri, & Sunarto. (2013). Pengaruh Emisi Udara pada Sentra Pengolahan Batu Kapur terhadap Kapasitas Vital Paru Pekerja dan Masyarakat di Desa Karas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Lingkungan , 16-22.

Tim-Pneumobile-Project. (1992). Nilai Normal PEFR. Indonesia: Tim Pneumobile Project Indonesia.

Downloads

Published

2019-03-04