ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN LALU LINTAS DI JALAN CIHAMPELAS DAN JALAN SUKAJADI KOTA BANDUNG

Authors

  • Sri Wahyuni Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Yonik Meilawati Yustiani Fakultas Teknik - Universitas Pasundan
  • Andika Juliandahri Fakultas Teknik - Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jcbeem.v2i1.1451

Keywords:

sound level meter, tingkat kebisingan, transportasi

Abstract

Kebisingan dapat diartikan sebagai suara yang tidak diinginkan atau suara keras yang tidak menyenangkan atau tidak terduga. Kebisingan bersumber dari kegiatan manusia seperti penggunaan alat transportasi dan aktifitas industri. Dampak dari kebisingan ini bukan hanya pada kota-kota besar. Pengukuran tingkat kebisingan diatur dalam KEP-48/MENLH/11/1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengukur tingkat kebisingan, yaitu: cara sederhana dan cara langsung. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sound level meter, seperangkat alat hitung dan stopwatch. Penentuan tingkat kebisingan lingkungan menggunakan sound level meter  dilakukan di 2 (dua) lokasi yang merupakan daerah komersial di Kota Bandung, yaitu Jalan Cihampelas (Ciwalk) dan Jalan Sukajadi (PVJ). Berdasarkan data yang diperoleh tingkat kebisingan paling tinggi terjadi di PVJ pada saat akhir pekan yaitu sebesar 69,8 dBA. Tingkat kebisingan terendah terjadi di Ciwalk pada saat hari kerja, yaitu sebesar 68,4 dBA. Nilai ini tidak melebihi baku kebisingan berdasarkan KEPMENLH  No. 48 Tahun 1996 untuk daerah perdagangan dan jasa yaitu sebesar 70 dBA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Geraghty, D., & O'Mahony, M. (2016). Investigating the temporal variability of noise in an urban environment. International Journal of Sustainable Built Environment , Vol. 5, Issue 1: 34-45.

Mulyatna, L., Rusmaya, D., & Baehakhi, D. (2017). Hubungan Kebisingan dengan Persepsi Masyarakat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Kelas A, Kelas B, dan Kelas B Kota Bandung. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management , Vol. 1, No. 1: 25-31.

Mulyono, G. S. (2012). Analisis Kebisingan Akibat Arus Lalulintas di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Seminar Nasional Teknik Sipil UMS 2012 , 65-70.

Ouis, D. (2001). Annoyance from Road Traffic Noise: A Review. Journal of Environmental Psychology , Vol 21, Issue 1: 101-120.

Downloads

Published

2019-03-04