PENGEMBANGAN SOCIALPREUNEUR BERBASIS KE-ISLAM-AN PADA BIMBINGAN BELAJAR “RUMAH BINTANG” DI KOTA CIMAHI

  • Yanti Purwanti FISIP Universitas Pasundan
  • Yulia Segarwati Universitas Pasundan
  • Ika Sri Hastuti Universitas Pasundan

Abstract

                            RINGKASAN
 
Mitra pengabdian ini merupakan Kelompok Belajar Rumah Bintang merupakan tempat belajar bagi siswa-siswi pra-SD dan les privat bagi siswa-siswi Sekolah Dasar khususnya bagi pemberlajaran numerasi dengan menggunakan metode sempoa dan sugaku. Selain pembelajaran numerasi, mitra juga menyelenggakan tahfiz Al-Qur’an bagi anak-anak sekitar lingkungan mitra.
Adapun sasaran mitra dalam memberikan jasa pembelajaran adalah golongan ekonomi menengah ke bawah. Bahkan mitra membebaskan pembayaran jasa pembelajaran bagi siswa-siswi yang ekonominya kurang mampu. Namun demikian mitra juga memberikan kemudahan dalam tarif jasa pembelajaran sesuai kemampuan orangtua siswa-siswi peserta kelompok belajar.
Permasalahan mitra adalah fasilitas pembelajaran yang kurang layak menyebabkan peserta belajar tidak nyaman ketika belajar. Selama pandemic COVID 19, kendala pembelajaran secara daring tidak bisa dilaksanakan karena mitra belum mengandalkan kuota pulsa untuk pembelajaran dan media pembelajaran daring hanya memanfaatkan media sosial Whatsapp.
Solusi yang diberikan pengabdi kepada mitra memberikan pelatihan administrasi karena mitra tidak memiliki tenaga administrasi, membantu memfasilitasi belajar, alat promosi bagi mitra. Selama pengabdian mitra berpartisipasi dalam bentuk tempat pelatihan bagi mitra untuk membuat administrasi sederhana dan
Pengabdi tertarik untuk membantu mitra, karena mitra menerapkan socialpreneur berlandaskan ke-Islaman-an dalam melaksanakan bisnisnya. Mitra memberikan kemudahan bagi orangtua siswa-siswi yang kurang mampu terutama bagi tahfiz Al-Qur’an. Kegiatan pembelajaran oleh mitra memberikan penguatan spiritual ke-Islam-an seperti doa-doa harian, surat-surat Al-Qur’an dan kegiatan keagamaan. Syiar Islam yang dilaksanakan oleh Mitra sesuai dengan visi dan misi dari institusi pengabdi yaitu nilai-nilai Islam dan Sunda.
Kata kunci: Socialpreneur, Kelompok Belajar, Nilai Islam
 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
PURWANTI, Yanti; SEGARWATI, Yulia; HASTUTI, Ika Sri. PENGEMBANGAN SOCIALPREUNEUR BERBASIS KE-ISLAM-AN PADA BIMBINGAN BELAJAR “RUMAH BINTANG” DI KOTA CIMAHI. SEWAKADARMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 37-41, dec. 2021. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/sewakadarma/article/view/4481>. Date accessed: 18 aug. 2022.