A PENGEMBANGAN UKM PASUNDAN NATURAL CRAFT DI KAMPUNG KREATIF SUKARUAS KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Dewi Astuti Mudji UNPAS

Abstract

Wisata Belanja (Shopping Tourism) di Indonesia sedang menjadi brandmark untuk jenis wisata yang menarik untuk dikembangkan. Kampung Kreatif Sukaruas di Kabupaten Tasikmalaya khususnya memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi Wisata Belanja di Indonesia, yaitu Pasundan Natural Craft yang merupakan mitra dalam kegiatan ini. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dan memiliki tiga variabel kunci yaitu, Partisipatory (keterlibatan), Action (aksi pengabdian) dan Research (penelitian).
Program Kemitraan Masyarakat ini memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan dan mengembangkan UKM khususnya di Pasundan Natural Craft Kampung Kreatif Sukaruas Kabupaten Tasikmalaya. Kampung Kreatif Sukaruas dalam membangun dan mengembangkan potensi wisata budaya, wisata alam, dan wisata kreatif menjadi destinasi Wisata Belanja. Kesadaran tersebut telah dimulai dengan penyusunan draft peraturan desa tentang pengembangan konsep Wisata Belanja kampung kreatif Sukaruas agar siap mewujudkan kawasan Wisata Belanja di Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah dengan mengadakan pelatihan, bimbingan teknis, dan juga fasilitasi menggunakan sosial media.
Perhatian pemerintah Kabupaten dan pemerintah Propinsi pada pengembangan masyarakat kampung kreatif Sukaruas melalui dinas pariwisata dengan membangun sentra pemberdayaan Kampung Kreatif sebagai tempat diskusi dan konsultasi antara UKM dan apparat desa dan Kabupaten. Tim pengusul akan memberikan IPTEK yang akan membantu UKM Pasundan Natural Craft melalui aspek pengembangan sentra UKM Wisata Belanja, aspek peningkatan manajemen usaha, dan melakukan kegiatan pembinaan teknologi penunjang UKM Wisata Belanja dengan cara mitra aktif mengelola website dan sosial media.
Dari kegiatan PKM yang telah dilaksanakan oleh tim, diketahui bahwa Kampung Sukaruas di Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat ini memiliki potensi yang besar sebagai sentra wisata industri kreatif, selain sebagai sentra wisata belanja yang sudah berjalan selama ini. Oleh karena itu saran untuk kegiatan PKM selanjutnya adalah dengan mengadakan kegiatan pembinaan lanjutan mengenai pengembangan sentra industri kreatif di Kampung Sukaruas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2021
How to Cite
MUDJI, Dewi Astuti. A PENGEMBANGAN UKM PASUNDAN NATURAL CRAFT DI KAMPUNG KREATIF SUKARUAS KABUPATEN TASIKMALAYA. SEWAKADARMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 30-36, dec. 2021. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/sewakadarma/article/view/4369>. Date accessed: 18 aug. 2022.