Analisis Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Learning Difficulties, AnalysisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya beberapa kesulitan belajar yang dialami oleh setiap siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa sekolah dasar (SD) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa (afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor kesulitan belajar siswa di kelas. Anak yang mengalami kesulitan belajar adalah yang memiliki gangguan satu atau lebih dari proses dasar yang mencakup pemahaman penggunaan bahasa lisan atau tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis , mengeja, atau menghitung.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-08-07
Issue
Section
Articles