Analisis Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Athiah Nusa Putra
  • Dhea Adela Universitas Nusa Putra

Keywords:

Learning Difficulties, Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya beberapa kesulitan belajar yang dialami oleh setiap siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa sekolah dasar (SD) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Analisis data secara kualitatif digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang kesulitan belajar siswa, tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), proses pembelajaran berlangsung, pandangan atau sikap siswa (afektif), antusiasme, dan motivasi belajar. Kajian dipusatkan pada faktor-faktor kesulitan belajar siswa di kelas. Anak yang mengalami kesulitan belajar adalah yang memiliki gangguan satu atau lebih dari proses dasar yang mencakup pemahaman penggunaan bahasa lisan atau tulisan, gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kemampuan yang tidak sempurna dalam mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis , mengeja, atau menghitung.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-08-07