Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v9i2.2715Keywords:
Analysis of Learning Motivation, Student Learning Motivation, NHT LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Desain yang digunakan adalah desain eksperimen semu (Quasi Experiment) yaitu rancangan kelompok-kontrol (pretest dan posttest). Sampel penelitiannya adalah 2 kelas, yaitu siswa kelas X RPL 2 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: angket motivasi belajar matematika siswa, wawancara, observasi. Angket skala motivasi belajar matematika diberikan kepada siswa sesudah pembelajaran, angket ini terdiri dari 30 pernyataan yang dilengkapi dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) meningkat, karena adanya peran serta guru dalam memfasilitasi dan mengakomodasi proses belajar mengajar dengan cara membuat kegiatan yang menarik sehingga membuat siswa lebih termotivasi.Downloads
References
Aminawati, D. (2015).
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Dengan Media Mading Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil
Belajar Siswa Kelas V Pada
Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peranan Tkoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Di
SDN Antirogo 04
. Jurnal Pdf.
Farida. (2014).
Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Teknik Numbered
Heads Together (NHT) P
ada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar
Swasta
. Artikel:
PGSD FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak.
Indrawan, R. dan Yaniawati, P. (2014).
Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan
Campuran untuk Manajemen, Pembangunan
dan Pendidikan
. Bandung: Refika Aditama.
Maman, M. dan Rajab, A.A. (2016).
The Implementation of Cooperative Learning Model Numbered
Heads Together (NHT) in Improving the Students Ability in Reading Comprehension
.
International Journal of Evaluation and Research in Education.
Vol.5, No.2, June 2016,
pp. 174
-
.
Putriani, D.D.S. dan Prodjosantoso, A.K. (2017).
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatip Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Motivasi d
an Prestasi Belajar
Kimia Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017
. Jurnal
pembelajaran Kimia vol.6 No.1 Tahun 2017. Universitas Negeri Yogyakarta.
Razak, F. (2016).
The Effect Of Cooperative Learning On Mathematics Learning Out
comes Viewed
From Students’ Learning Motivation
.
Journal of Research and Advances in Mathematics
Education,
,
(1), 49
-
Russeffendi, E, T. (1991).
Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya
dalam Pengajaran Matematika utuk
Meningkatkan CBSA
. Bandung: Tarsito.
Ruseffendi, E.T. (1991).
Penelitian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam
Pengajaran Matematika
. Bandung: Tarsito.
Sardiman. (2008).
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar
.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persad
a.
Uno, H. B. (2012).
Teori Motivasi dan Pengukurannya.
Jakarta: Bumi Aksara.
Uyanto, S. S. (2009).
Pedoman Analisis Data dengan SPSS
. Yogyakarta : Graha Ilmu