Pengembangan Desain dan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan Pada Prodi Pendidikan Matematika UIN Bandung

Authors

  • Rahayu Kariadinata

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v1i1.2361

Keywords:

Teaching, Learning Design, Learning Equipment

Abstract

Abstrak This research is development research for improving quality lecture of Education Research Statistic at Mathematics Education Study Program in UIN Bandung. Produce of this  research are design and teaching-learning equipment. Teaching-learning equipment consisted of lecture program and text book with guide of laboratory work.  Implementation teaching –learning design use teaching-learning equipment with combinated convensional learning in the class and learning by computer (computer asssited learning) in the computer laboratory. The research subject consisted of 2007 and 2008 academic year student of Mathematics Education Study Program in UIN Bandung. This research used some instrument consisted : 1)  questionnaire of student response, 2) observation sheet, and 3)  student achievement test. Based the data analysis was concluded that : (1) current lecture of Education Research Statistic is conventional method, use speech  method more dominate, implementated lecture more in the classes, student can less opportunity for data processing through statistic software (SPSS) , 2) have produce  prototype of design and computer assited learning equipment, 3) the management of lecturer competency in computer assited learning is good, 4) the mayority of student give response very like to the implementation of design and teaching-learning equipment, 5) the lecture quality with assited computer is good that showed to student achievement and  the level of student statistic compute skill,  based indicator formula in the classical the all of student are completely, while the level of student statistic compute skill is good that showed from the various of  their activities in operation of statistic software (SPSS) for analysis of statistic data. Key word :  Teaching –Learning Design and Teaching-Learning Equipment   Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan di lingkungan Prodi  Pendidikan Matematika UIN Bandung. Dalam penelitian ini dikembangkan desain dan perangkat pembelajaran yang berbantuan komputer. Perangkat yang dikembangkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan, Buku Ajar yang dilengkapi dengan  panduan praktikum, sedangkan desain pembelajaran yang diterapkan mengimplementasikan perangkat tersebut dengan mengkombinasikan tatap muka di ruang kelas dan di laboratorium komputer.  Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UIN Bandung angkatan 2007 dan 2008. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : 1) angket respon mahasiswa, 2) lembar observasi dan 3) tes hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan : (1) perkuliahan Statistik Penelitian Pendidikan yang selama ini berlangsung masih bersifat konvensional, penggunaan metode ceramah lebih mendominasi, perkuliahan lebih banyak dilakukan di ruang-ruang kelas, mahasiswa kurang mendapat kesempatan untuk mengolah data statisttik melalui software SPSS, (2) dihasilkan prototipe desain dan perangkat pembelajaran berbantuan komputer (3) kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran berbantuan komputer dikategorikan baik, (4) sebagian besar mahasiswa memberikan respon sangat senang terhadap desain dan perangkat pembelajaran yang diterapkan, (5) kualitas perkuliahan berbantuan komputer tergolong baik, hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar dan tingkat keterampilan komputasi statistik mahasiswa, secara klasikal indikator yang dirumuskan semuanya tuntas, sedangkan tingkat keterampilan komputasi statistik mahasiswa adalah baik, hal ini ditunjukkan dari berbagai aktivitasnya dalam mengoperasikan program SPSS untuk menganalisis data statistik. Kata kunci : Desain  Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1991). “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Bumi Aksara: Jakarta.

Briggs, Leslie, J. 1979,”Instruksional Design : Prinsiples and Aplication”, Educational Technology Publicatios : Englewood Cliffs, N.J.

Depdiknas (2007). Metode Penelitian Pengembangan. Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas : Tim Puslitjaknov

Guilford, J. F. (1954). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc. Graw Hall Co.

Gronlund. 1982. Constructing Achievement Tes. Prentice Hall. London

Handayani, D. dan Kusumahwati, S., (2009). Perencanaan Desain Pembelajaran Bahan Ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB. Depdiknas : P4TK TK dan PLB

Heinich,R.,et al. (1996). Instructional Media and Technology for Learning. New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Karuru, P. (2002). Pengembangan Perangkat Tutorial Berorientasi Pembelajaran Kooperatif untuk Pendidikan IPA pada Program PGSD D-II. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Terbuka.

Kemp.,et al. (1994). Designing Effective Instruction. New York: MacMillan College Publ.Co.

Munir. 2001. Aplikasi Teknologi Multimedia dalam Proses Belajar Mengajar. Mimbar Pendidikan, 3 (21).

Ni Ketut Suarni dan Nyoman Dantes (2010). Penggunaan Asesmen Portofolio Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Metode Statistika Dasar Pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha. [On-Line] tersedia di : http://www.undiksha.ac.id. diakses : 5 April 2010.

Prawiradilaga,D.S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group dan Universitas Negeri Jakarta.

Scolastika Mariani (2008). Meningkatkan Efektivitas Perkuliahan Statistika Melalui Pembelajaran Tutorial TGT Pada Mahasiswa Jurusan Matematika. [On-Line] tersedia di:http://scmariani-unnes.blogspot.com, diakses : 31 Maret 2010.

Suhada, B. 2003. Pembelajaran Biologi dengan Menggunakan Media Interaktif CD GCSE Biologi Kelas 2 SMU Negeri 1 Bandung sebagai Computer Based Learning dalam Rangka Antisipasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Proceedings The 6th National Seminar on Science and Mathematics Education, The rule of IT/ICT in Supporting the Implementation of Competency-Based Curriculum. JICA-IMSTEP.

Supriadi, D. 2002. Internet Masuk Sekolah : Pemberdayaan Guru dan Siswa dalam Era Sekolah Berbasis E-Learning Makalah disajikan dalam seminar“Implementasi E-Learning untuk Sekolah Menengah.” Diselenggarakan oleh Telkom Learning / Sinapsis Indonesia, Oktober 2002 . Bandung: PT Telkom.

Siswandari dan Susilaningsih (2006). Pengembangan Transferable Skills Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pembelajaran Statistika Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Lulusan Pendidikan Tinggi. Laporan Penelitian. Fakultas KIP UNS, Penelitian, Dikti, Hibah Bersaing. [On-Line] tersedia di http://lppm.uns.ac.id, diakses : 2 April 2010

Siti Inganah (2004) Penggunaan Asesmen Portofolio dalam Perkuliahan Statistika PPS Universitas Muhammadiyah Malang [On-Line] tersedia di http://digilib.umm.ac.id diakses : 3 April 2010

Supriatna, D. dan Mulyadi, M. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Bahan Ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB . Depdiknas. : PPPPTK dan PLB.

Yarmaidi dan I Gede Sugiyanta (2007). Penggunaan Media Animasi dan Lembar Kerja Mahasiswa Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Kuliah Statistika Sosial. Ringkasan Penelitian PTK/PPKP 2007. [On-Line] tersedia di http://blog.unila.ac.id. Diakses : 5 April 2010

Published

2020-04-02