Problem Based Learning: Meningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK Berdasarkan Motivasi Belajar

Authors

  • Ali Ali SMAS Pasundan 3 Bandung
  • Dusep Tarman Setiawan SMA Pasundan 2 Kota Cimahi
  • Taryudi Taryudi SMK Negeri 5 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5292

Keywords:

Kemampuan penalaran matematis, Motivasi belajar siswa, PBL

Abstract

Kemampuan penalaran, dan motivasi belajar merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran siswa yang menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan Konvensional ditinjau dari motivasi belajar siswa. Selain itu di analisis korelasi antara kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian campuran tipe embedded design. Sampel penelitian ini 70 siswa kelas X yang berasal dari dua kelas dengan masing-masing sebanyak 35 siswa pada salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan penalaran dan angket motivasi belajar siswa, serta lembar observasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL lebih baik dari pada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL dan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Danarjati, D. prasetia, Mutiadi, A., & Ekawati, A. R. (2014). Psikologi pendidikan (R. Cipita (ed.)).

Deborah E. Allen, ‎Barbara J. Duch, ‎Deborah A. (2001). The Power of Problem-based Learning: A Practical “how To” for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline (Stylus (ed.)).

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Departemen Pendidikan Nasional.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Eviliyanida. (2010). Pemecahan Masalah Matematika. In Visipena Journal (Vol. 1, Issue 2, pp. 10–17). https://doi.org/10.46244/visipena.v1i2.26

Hakim, A. rahman, & Sulistiawati. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN Ngemplak Boyolali. Pendidikan, 3(2), 165–176.

Indrawan, R., & Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. In Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan (Vol. 2). PT Refika Adiyatama.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles Standards For School Mathematics. (Reston (ed.)).

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA.

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan / Wina Sanjaya. In 1. MODEL PEMBELAJARAN 2. BELAJAR DAN MENGAJAR,Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan / Wina Sanjaya (Vol. 2008, Issue 2008). Kencana. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/strategi-pembelajaran-berorientasi-standar-proses-pendidikan-wina-sanjaya-34179.html

Shadiq, Fadjar. (2004). Pemecahan Masalah, Penalarann dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar tanggal 6-19 Agustus di PPG Matematika.

Slameto. (2013). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (PT Cipta Rineka (ed.)).

Stanislaus. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS Edisi Ketiga. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kombinasi. In Alfabeta (Alfabeta.C).

Suharsono, J., & Pratama, Y. R. (2018). JURNAL ECOBUSS Vol. 6 Nomor 1 Maret 2018 ISSN 2337 – 934O. JURNAL ECOBUSS, 6(2018).

Suherman,E & Winataputra, U. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika (U. Terbuka (ed.)).

Suherman, E. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA FPMIPA UPI.

Tasdikin. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. 41–62.

Usniati, M. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. UIN Syarif Hidayatullah.

Zaenal, A. (2016). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-05-31