Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH (Course, Review, Horray) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.23969/pjme.v2i2.2646Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CRH (Course, Review, Horray) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasinya, yaitu seluruh siswa SMP kelas VIII di salah satu SMP Negeri Jakarta Selatan. Adapun, sampelnya terdiri dari 32 siswa kelas CRH (kelompok eksperimen) dan 34 siswa kelas konvensional (kelompok kontrol) yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Masalah yang diteliti, yaitu peningkatan kemampuan pemahaman matematis. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test, sedangkan analisis kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-05-26
Issue
Section
Articles