Pengaruh Strategi Metakognitif Dan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

(Studi Eksperimen di Kelas VII MTs se-Kabupaten Tangerang)

Authors

  • Egi Adha Juniawan STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v10i1.2423

Keywords:

Strategi Metakognitif, Kemampuan Awal, Kemampuan Penalaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi metakognitif dan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by level 2×2 dengan menerapkan dua perlakuan yaitu: strategi metakognitif pemecahan masalah dan strategi metakognitif mengulang. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTs Swasta yang terakreditasi A se-kabupaten Tangerang, dengan jumlah sampel 128 siswa dari beberapa kelas VII MTs Daar El Qolam 1 dan MTs Daar El Qolam 4 di Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dan uji-t. Temuan hasil penelitian adalah kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi pemecahan masalah lebih tinggi daripada siswa yang belajar menggunakan strategi mengulang, terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi metakognitif dan kemampuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi metakognitif mengulang lebih tinggi dari kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan strategi metakognitif pemecahan masalah, kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, kemampuan penalaran kelompok siswa yang belajar menggunakan strategi metakognitif pemecahan masalah lebih rendah dari kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan strategi metakognitif mengulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi metakognitif ini dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan penalaran matematis siswa secara optimal khususnya pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, O.W. & Krathwohl, D.R; 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assesing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longma, Inc.

Borg, Walter R. 1981. A Practical Guide For Teacher. Applying Educational Research. New York:Longman Inc.

Brodie, Keraf. 2010. Teaching MathematicalReasioning in Secondary School Classrooms. New York: Springer.

Ellis, Arthur K., David W. Denton dan John B. Bond. 2014. “An Analysis Of Research on Metacognitive Teaching Strategies.”Online http//:www.science-direct.com (Diakses Rabu, 24 Februari 2016)

Keraf, G. 1982. Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III. Jakarta: Gramedia.

Kirby, john R.1984.”Strategy And Processes,”di dalam john R. Kirby (Ed). Cognitive Strategies And Educational Performance.

Kramarski, B & Mevarech, Z. R. 1997. “IMPROVE: A Multidimensional Method for Teaching Mathematics in Heterogeneous Classroom.”American Educational Research Journal.California: San Diego State University.

Lee, M., and Baylor, A. L., 2006. “Designing Metacognitive Maps for Web-Based Learning.”Online http://www.educational technology & society.slo. nl.(Diakses Selasa, 2 Februari 2016)

OECD. 2012. “What Students Know and Can Do–Student Performance in Reading, Mathematics, and Science.” Online http://www.pisa.oecd.org/science.html. (Diakses Jum’at, 29 Januari 2016)

Provasnik, S., dkk. 2012. Highlights From TIMSS 2012: Mathematics and Science Achievement of U.S. Fourth- and Eighth-Grade Students in an International Context (NCES 2013-009). National Center for Education Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Washington DC: Department of Education.

Winkel. W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Jogjakarta: Media Abadi.

Yusro, A. C., Huriawati, F., & Purwandari, P. 2015. “Efektifitas Inquiry

Terbimbing dan InquiryTermodifikasi Terhadap HasilBelajar Fisika Ditinjau dariKemampuan Awal,Kreatifitas, KemampuanBerpikir Abstrak Siswa KelasX SMA Negeri 6 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan. 18(1): 9-15. Onlinehttp://jurnaleducational.html.(Diakses Jum’at, 29 Januari 2016)

Downloads

Published

2020-05-29