PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE GRABBIKE DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Tiara Febrianty Sumarna Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Edi Nutjahjadi, SE, M.Si

Keywords:

Sales Promotion, Customer Loyalty, Customer Satisfaction

Abstract

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk di perkotaan yang relatif pesat, maka jumlah kendaraan juga meningkat. Hal ini dapat mengakibatkan masyarakat Kota Bandung cenderung memilih angkutan umum alternatif karena mempunyai keunggulan kenyamanan, efisiensi dan keamanan, serta kebutuhan akan perjalanan yang cepat. Moda transportasi ini dikenal dengan sebutan ojek online. Namun hal tersebut tidak sejalan dengan turunnya indeks transportasi online Grab yang menduduki peringkat ke-2 atau mengalami rata-rata penurunan sebesar 38,8% sepanjang tahun 2020-2023 pada Top Brand Index (TBI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kegiatan promosi terhadap loyalitas pelanggan dengan menggunakan kepuasan pelanggan pada aplikasi transportasi online GrabBike di Kota Bandung sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk memilih individu yang memiliki pengetahuan sebelumnya tentang penggunaan aplikasi GrabBike di Kota Bandung sebagai target audiensnya. Besar sampel pada penelitian ini adalah 90 responden. Metode penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel sederhana. Dari penelitian diketahui bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi secara signifikan oleh promosi penjualan dan retensi pelanggan dapat dipengaruhi oleh kegiatan promosi penjualan. Meningkatkan dan mempertahankan promosi akan menciptakan pembelian berulang dan menunjukkan rasa kesesuaian dengan harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, E.W.; Fornell, C.L. (1994) ‘Customer satisfaction, market share.pdf, Journal of Marketing, pp. 53–66.

Akhmadi, M. D. D., & Martini, E. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Aplikasi Ovo. Jurnal Mitra Manajemen, 4(5), 708–720. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i5.385

Belisa, N. (2018). Pengaruh Sales Promotion Voucher Diskon Melalui Media Sosial Instagram @Brosisdeal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Merchant Lokal Pekanbaru. 5(1), 1–12.

Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017).

Diansyah, D., & Putera, R. M. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian. Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(2), 97–109. https://doi.org/10.24856/mem.v32i2.538

Dr. Didin Fatihudin, S.E., M. S., & Dr. M. Anang Firmansyah, S.E., M. M. (2019). Pemasaran Jasa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., March, 601.

Duncan, Tom. 2002. IMC: Using Advertising and Promotions to Build Brands. New York: Mc Graw Hill

Egar, L. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 1.Abbas, M., Surianti, S., & Heryadi, F. (2022). Pengaruh Iklan Online Terhadap Peningkatan Jumlah Pelanggan pada Mine Coffee Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen Dan Akuntansi), 5(2), 101–106. https://doi.org/10.57093/metansi.v5i2.164

Hana, Q. R. (2023). Pengaruh Harga Dan Cita Rasa Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Hanjaya, J. K., & Setiawan, P. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Gojek Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(9), 1634. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03

Hutabarat, W. M. ., & Prabawani, B. (2020). Pengaruh Experiential Marketing Dan Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Go-Ride Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 12–22. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.27155

Kusumastuti, A. E., & Kumalasari, R. A. (2017). Pengaruh Faktor Relatif dan Kontekstual Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen dengan Religiusitas Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Fashion Busana Muslim di Semarang). Jurnal EBBANK, 8(1), 1–16.

M, R. T. A., & Sudradjat, R. H. (2016). Pengaruh Online Sales Promotion Terhadap Loyalitas Pelanggan Erha Dermatology. 01(2), 1–23.

Meitiana, M., & Tuwuh Sembhodo, A. (2022). Do e-services and promotion affect customer loyalty? Jurnal Inovasi Ekonomi, 7(01), 13–24. https://doi.org/10.22219/jiko.v7i01.19920

Montolalu, M. T. (2013). the Impact of Service Quality and Price To Customer Satisfaction and. Jurnal EMBA, 1(4), 1491–1498.

Musdalifah, & Noor, M. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Palembang. JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), 6(2), 121–127. https://doi.org/10.54077/jembatan.v6i2.62

Prasilowati, S. L., Suyanto, S., Safitri, J., & Wardani, M. K. (2021). The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction: The Role of Price. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 451–455. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no1.451

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). SPSS and SAS procedures for estimating indirect effects in simple mediation models. Journal of Cellular Physiology, 235(1), 128–140. https://doi.org/10.1002/jcp.28952

Preacher, K. J., Lachowicz, M. J., & Kelley, K. (2018). A novel measure of effect size for mediation analysis. In Psychological Methods (23(2)).

Rahmattia, D., & Rinawati, R. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Warung Salse. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(1), 73–81. https://indonesia.tripcanvas.co/id/bandung/kafe-unik-instagram

Rahmayanti, P. L. D., & Ekawati, N. W. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Menggunakan Online Food Delivery Service Di Bali. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 7(2), 125–138. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v7i2.714

Renwarin, J. M. J. (2019). The Evaluation Of Sales Promotion In Jakarta Retail Business. Jurnal Manajemen, 23(2), 191. https://doi.org/10.24912/jm.v23i2.471

Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 1. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.9

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Leadership & Organization Development Journal, 34(7), 700–701. https://doi.org/10.1108/lodj-06-2013-0079

Setiawan, H., & Sayuti, A. J. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(05), 31–40. https://doi.org/10.9790/487x-1905033140

Setyaleksana, B., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 45–51.

Sidharta, S. M., Adityo, D. B., Iqbal, P. M., & Gunadi, W. (2021). Customer Loyalty Analysis on Online Food Delivery Services. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(3), 4003–4013. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i3.1690

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Top Brand Index. (2022). Top Brand Award.

Wijayanto, K. (2008). Pengaruh Citra, Kualitas Pelayanan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 1(2), 78–91. https://doi.org/10.25105/jmpj.v1i2.1211

Zephaniah, C. O., Ogba, I. E., & Izogo, E. E. (2020). Examining the effect of customers’ perception of bank marketing communication on customer loyalty. Scientific African, 8, 4–11. https://doi.org/10.1016/j.sciaf.2020.e00383

Downloads

Published

2024-12-30