MENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI STRATEGI LICALIDO (LIHAT BACA TULIS DONGENG) DI SDN JATIRAHAYU VIII

Penulis

  • Dedeh Kurniati SD Negeri Jatirahayu VIII

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.7193

Abstrak

Best practice ini bertujuan untuk memberikan gambaran kegiatan-kegiatan pelaksanaan peningkatan kemampuan literasi melalui strategi LICALIDO (Lihat Baca Tulis Dongeng), serta mendeskripsikan prestasi yang dicapai setelah melakukan peningkatan kemampuan literasi melalui strategi LICALIDO ini di SD Negeri Jatirahayu. Hasil dari best practice ini adalah adanya peningkatan yang signifikan mengenai kemampuan berliterasi dalam hal pemahaman membaca, menulis karya tulis berupa cerita pendek atau karangan, serta bercerita tentang hasil karangan yang telah mereka buat. Sehingga, pada akhirnya para peserta didik dapat meraih prestasi di bidang literasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyi, Fauziah K, Siscka Elvyanti, Tjetje Gunawan, Elih Mulyana (Invotec, Volume IX, No.2, Agustus 2013 : 117-128.

Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.

Dalman. 2015. Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media : Apa, Mengapa, Bagaiman. Bandung 113 Simbiosa Rekatama Media.

Kern, R. 2000. Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Yogjakarta: BPFE.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2015).Permedikbud RI Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Permendikbud.

Romdhoni, Ali. 2013. Al-Qur’an dan Literasi. Gombong: Linus.

Setyawan, Ibnu Aji. 2018. Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi. Online: gurudigital.id

Tarigan, H. G. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triyanto, Agus. 2007. Bahasa Indonesia Tingkat SMP. Jakarta : Gramedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-30