PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN BERORIENTASI KRISIS (KOMPLIKASI) DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • R. Panca Pertiwi Hidayati Universitas Pasundan
  • Aries Setia Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.7026

Abstract

Permasalahan pada kemampuan menulis yang dialami siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya faktor guru dalam memilih model pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat tergantung pada kompetensi yang akan dicapai siswa. Untuk itu dalam pembelajaran menulis cerpen harus dipilih model yang dapat memudahkan siswa dalam menulis dengan berbagai upaya, termasuk perantara untuk melanjutkan cerita melalui orientasi krisis dalam alur cerita. Untuk itu, penelitian ini mengimplementasikan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran melanjutkan akhir cerita pendek berorientasi krisis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Handayani 1 Pameungpeuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Instrumen dikategorikan valid dan reliabel setelah dilakukan pengujian statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai maksimal dan nilai minimal, serta menguji hipotesis dengan sampel uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata skor pretest 44,90 dan rata-rata posttest 78,10, serta hasil uji hipotesis gain nilai probabilitas atau Tanda. (2-ekor) 0,00<0,05. Besarnya dampak peningkatan lanjutan cerpen berorientasi krisis ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yang menyatakan perbedaan data pada hasil pretest dan posttest serta menunjukkan hasil peningkatan belajar dengan melihat rata-rata setiap kegiatan. Dengan demikian model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, R. Panca P. (2009). Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press.

Ispriati, A. (2022). Pembelajaran Menganalisis Unsur Pembangun Cerpen dengan Menggunakan Model Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Kritis pada Peserta Ddidik Kelas XI SMKN Negeri 7 Bandung. Bandung: Unpas.

Indrawan, Rully, dan Poppy Yaniawati. 2017. Metodologi Penelitian:Kuantitatif, Kualitatif,

dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung:Refika

Aditama

Kania, R. (2020). Implementasi Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Melanjutkan Akhir Cerpen dan Dampaknya terhadap Kreativitas Berbahasa SMA. Bandung: Unpas.

Kusmayadi, Ismail. (2010). Lebih Dekat Dengan Cerpen. Dua Sisi Senyumku: Trias Yoga Kreasindo

Mudlofir dan Rosyidah. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawai Press.

Nugroho, Donatus. A. 2007. Dua Puluh Empat Jam Jagoan Nulis Cerpe.

Bandung: Cinta

Nuryatin, A. dan Retno Purrnama Irawadi. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.

Palincsar, A.S.,&Brown, A.L.(1984). Reciprocal teaching of comprehension- fostering and comprehension-monitoring activities. Cognition and Intruction, 2.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raaaaaaja Grafindo Persada.

Sudirman. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri Parepare. Jurnal Istiqra Vol. 8 No. 1 September 2020. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/download/676/552/

Ulfa, Shofa Marya. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Media Gambar Seri dengan Menggunakan Teknik Pengandaian Diri Sendiri sebagai Tokoh Cerita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastera Indonesia 5(2) (2016). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.phhp/jpbsi

Umar, Seniwati. (2016). Peningkatan keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas Ixa SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No.6 ISSN 2354-614X.

Zainurrahman. (2013). Menulis dari Teori hingga praktik. Bandung: Alfabeta.Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Downloads

Published

2023-01-24