ANALISIS ISI: KARAKTERISTIK TEKS DALAM BUKU BAHASA INDONESIA PEGANGAN SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6722Kata Kunci:
Characteristics, structure, linguistic features, new paradigm, textsAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi ciri-ciri teks dalam bahan ajar dalam bentuk buku teks bahasa Indonesia untuk siswa kelas XI SMP. Jenis teks yang dipilih adalah teks prosedur, Ceramah, Cerpen, dan Drama dengan dasar pilihan bahwa adanya paradigma baru tentang bahasa dan teks, perkembangan kurikulum, perlunya optimalisasi referensi belajar bagi guru dan siswa, pentingnya meningkatkan kemampuan menganalisis siswa, serta untuk melihat sejauh mana kelayakan penggunaan bahan ajar tersebut. Metode penelitian adalah analisis isi dari literatur yang dikumpulkan. Meliputi aspek-aspek kunci dari membaca dan menulis keterampilan dan penilaian. Merupakan jenis analisis isi deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian sebagai alat adalah kumpulan tulisan seseorang dalam bentuk hardcopy/softcopy sehingga berbentuk grid. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara substansi isi teks dan latar belakang sosial siswa, serta terdapat kesalahan/kekeliruan/kelalaian dalam penyusunan/penyajian teks, seperti penggunaan tanda baca. konjungsi, kontradiksi antara judul dan isi, dan sebagainya. Jadi disarankan untuk meninjau.Unduhan
Referensi
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367. https://doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1326
Kurtarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820
Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(2).
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mumpuni, A., & Masruri, muhsinatun siasah. (2016). The character values in the 2013 curriculum teacher ’s handbook and student ’s handbook for the second grade of elementary school. Pendidikan Ka, VI(1), 17–28.
Nia, B. (2017). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI Nia. Angewandte Chemie International Edition, 8(1), 1–77.
Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/42092%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/download/42092/22276
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464.
Sitti, D. (2018). KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PAREPARE. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 2(1), 1–13.
Sufanti. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks : Belajar Dari Ohio. Jurnal Muhammadiyah Surakarta, 8(2), 36–55.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. In Memahami Penelitian Kualitatif.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.