NILAI-NILAI SOSIAL NASKAH DRAMA “CERMIN” KARYA NANO RIANTIARNO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA

Penulis

  • Nana Armytha Universitas Jambi
  • Maizar Karim Universitas Jambi
  • Warni Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6646

Kata Kunci:

Drama Script, Appreciation, Social Values, Teaching Materials

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai sosial yang terkandung dalam naskah drama “Cermin” dan relevansinya sebagai alternatifepemilihan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Alasan peneliti melakukan penelitian ini karena naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno memiliki nilai–nilai kehidupan yang mendalam, khususnya nilai sosial. Naskah drama, selain dapat dipentaskan, dapat pula dijadikan sebagai bahan ajar. Nilai sosial yang terkandung dalam naskah drama dapat dijadikan sebagaiealternatif bahan ajareuntuk apresiasi sastra di SMA. Metodeepenelitian ini adalah deskriprtif kualitatif. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan studi literatur, yakni naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiano yang diterbitkan pada tahun 1977.  Data dalamepenelitian ini berupa uraian kata-kata yang dijabarkan berdasarkan analisis mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan enam nilai sosial yang terkandung dalam naskah drama tersebut, yakni nilai tanggung jawab, nilai kasih sayang, nilai peduli nasib orang lain, nilai suka memberi nasehat, nilai kerja sama, dan nilai kerukunan. Nilai-nilai sosial dalam naskah drama “Cermin” karya Nano Riantiarno dapat dijadikanesebagai alternatif bahaneajar di SMA didasarkan pada Kompetensi Dasar 3.8 dan 4.8 serta Capaian Pembelajaran kemampuan reseptif dalam elemen menyiman dan membaca dan memirsa kelas XI

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisah, S. (2015). Nilai-Nilai Sosial yang Terkandung dalam Cerita Rakyat “Ence Sulaiman” pada Masyarakat Tomia. Jurnal Humanika, 3(15), 1689–1699.

Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ

Baruadi, M. K. (2013). Sendi Adat dan Eksistensi Sastra; Pengaruh Islam dalam Nuansa Budaya Lokal Gorontalo. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 14(2), 293–311. https://doi.org/10.18860/el.v14i2.2312

Bunga, R. D., Rini, M. M., & Serlin, M. F. (2020). Peran Cerita Rakyat Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indoneisa Di Kabupaten Ende. Retorika, 1(1), 65–77.

Hindun. (2014). Pembelajaran Apresiasi Bahasa & Kreasi Sastra Indonesia. In Sejahtera Kita, banten.

Joko Pranowo, D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2), 218–230. https://doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1442

Kanzunnudin, M. (2017). Menggali Nilai Dan Fungsi Cerita Rakyat Sultan Hadirin Dan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Kudus. Jurnal Kredo, 1(1), 31–43.

Kurniawan, B., Sariyatun, S., & Joebagio, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Simbolisme Kain Songket untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMP Negeri 6 Kayuagung. Historika, 20(1), 0–12.

Marantika, J. E. R. (2014). Drama Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Tahuri, 11(2), 92–102. https://ejournal.unpatti.ac.id/ppr_iteminfo_lnk.php?id=914

Mayasari, G. H. (2016). Meneropong Teori Sastra Bandingan Pada Buku Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 4(2), 208. https://doi.org/10.26610/metasastra.2011.v4i2.208-2011

Nahda, N. N., & Maspupah, A. (2021). Nilai-nilai Kehidupan dalam Naskah Drama Monolog “Marsinah Menggugat” Karya Ratna Sarumpaet (Kajian Pragmatik). Prosiding Samasta, 1–6.

Rachman, M. (2013). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN KONSERVASI NILAI-NILAI SOSIAL. jurnal Forum Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Semarang, Jawa tengah Indonesia. FIS (Forum Ilmu Sosial), 40(1), 1–15. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS

Risdi, A. (2019). Nilai-Nilai Sosial: Tinjauan dari sebuah Novel. In CV. Iqro, Lampung.

Sari, E. K. K., Nofita, M., & Ningsih, A. R. (2020). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Bidadari Untuk Dewa karya Asma Nadia. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(2), 91. https://doi.org/10.24036/jbs.v8i2.110471

Septian, D. (2020). Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Memperkuat Kerukunan Umat. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 155–168. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.147

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alphabe.

Suroso. (2015). Teori dan Praktik Pementasan. In Yogyakarta, Elmatera.

Taylor, R., Metode, P., Kualitatif, P., & Rurchan, A. (1992). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. In Surabaya : Usaha Nasional.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63–73.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01