PENGARUH MEDIA POP UP BOOK BERBASIS LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6626Kata Kunci:
berbicara, literasi digital, mediaAbstrak
Berbicara merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai siswa, namun guru masih kesulitan dalam mengajarkan keterampilan ini kepada siswa. Akibatnya, keterampilan berbicara siswa rendah. Penelitian ini bertujuan menguji keefektifan media pop up book berbasis literasi digital dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas rendah di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berbicara siswa sebelum dan setelah penggunaan media tersebut. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas rendah setelah penggunaan media pop up book berbasis literasi digital.Unduhan
Referensi
Abidin, Z. 2015. Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas III dengan Metode Bermain Peran di SD 05 Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang. Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015.
Hidayah, N. & Khalifah, D. R. N. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pranala.
Ilham & Aidin. 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 9 (1) Januari 2021.
Murniati & Anitra, R. 2019. Media Pop Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Journal of Educational Review and Research, 2 (1), July 2019, 63-68.
Putri, G. F., Yasbiati, & Pranata, O. H. (2018). Pengaruh Media Pop Up Card Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1) (2018).
Setyawan, D., Usada, & Mahfud, H. 2014. Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal
Tambunan, P. 2018. Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 2 (1) (2018).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.