KEEFEKTIFAN PENERAPAN BIG BOOK BERBASIS ETNOPEDAGOGIK DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Anjaswari Putri Utari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6625

Kata Kunci:

Big book, Etnopedagogik, Membaca Permulaan

Abstrak

Penelitian big book ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan bahan ajar, rendahnya keterampilan membaca siswa sekaligus kurangnya minat membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan big book berbasis etnopedagogik terhadap membaca permulaan siswa serta mengenalkan siswa tentang tingkah laku budaya masyarakat jawa yang harus dimiliki oleh siswa. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Cipete Utara 15 Pagi yang berjumlah 41 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu menggunakan sampling jenuh. Sampel dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas I SDN Cipete Utara 15 Pagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yaitu Paired Sample T-Test dengan bantuan Software SPSS 25.0. Hasil pretest- posttest bahwa nilai membaca permulaan yaitu sebelumnya 69.07 meningkat menjadi 80.31. Berdasarkan hasil uji beda terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan big book berbasis etnopedagogik dengan nilai signifikansi 0.00 (< 0.05). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh big book berbasis etnopedagogik dalam keterampilan membaca permulaan siswa kelas I.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprizia, Onika Berly. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Tiga SD Negeri Pilang 02. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3 (3):963-969.

Djaga, S., Riangtati, A. D., & Usman, H. (2020). Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (1): 65-72.

Fatriani, A., & Samadhy, U. (2018). Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Suku Kata. Joyful Learning Journal, 7 (1): 1–9.

Fajriani, Rahayu Nur. (2018). Peningkatan Ketrampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 58–65.

Gunansyah, G., Mariana, N., Suprayitno, Sari, R., & Khoiroh, I. (2018).

ETNOPEDAGOGI Kajian Lintas Bidang Studi di Sekolah Dasar.

Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Halimatussa’diyah, F., & Fahruddin. (2017). Pengembangan Big Book untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B PAUD Tanwirul Qulub Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (2): 2-5.

Lusiana, Novita. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bahasa Indonesia Kelas II SDN Candirejo 01 Batang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, Irma. (2017). engembangan Media Big Book Berbasis Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hima dan Prodi PGSD 2017, 2290-2300.

Rizkiana. (2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (34): 236-251.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research

and Development.Bandung: Alfabeta

Syelviana, N., & Hariani, S. (2019). Pengambangan Media Big Book dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (1): 2559–2569.

Sari, Ria Vionita. (2017). Pengembangan Big Book Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga untuk Pembelajaran IPS Kelas II SDN Karangtengah IV. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Synta, Darmata Aqila. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Big Book pada Siswa Kelas I SD Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ulfa, Mutia. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kelancaran Membaca Siswa pada Tema Diriku Kelas I MIN 8 Aceh Besar. Skripsi tidak diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24