MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DI SMK

Penulis

  • Kamaria Kamaria Universitas Jambi
  • Herman Budiyono Universitas Jambi
  • Ade Kusmana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6525

Kata Kunci:

Writing Ability, Project Based Learning Model, Complex Procedure Text.

Abstrak

Pembelajaran berbasis proyek membimbing siswa melalui prosedur kerja yang sistematis dan standar untuk membuat atau menyelesaikan suatu produk melalui proses produksi yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar menulis teks prosedur kompleks dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus. Proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Timur yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mencapai hasil belajar 68% pada siklus I dan 88% hasil belajar pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model berbasis proyek meningkatkan kualitas hasil belajar menulis teks prosedur kompleks di SMK Negeri 1 Tanjungjabung Timur

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hariyanto, F. A. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Mengembangkan RPP Berdasarkan Kurikulum 2013 dengan Menggunakan “Bloom’s Taxonomy Cognitive Domain Learning Stages” pada Mahasiswa Semester VI FKIP Bahasa Inggris Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 423–437.

Hartidini, S., & Ratna, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 63–69.

Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. In Jakarta: Rineka Cipt.

Mulyadi, E. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7836

Ningsih, N. M. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 berbasis Teks yang Berorientasi pada Pendekatan Saintifik. Edukasi Lingua Sastra, 15(2), 31–42. https://doi.org/10.47637/elsa.v15i2.65

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Santosa, P. (2010). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. In Jakarta: Universitas Terbuka.

Seno, A. J. R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Menyimak terhadap Keterampilan Menulis Teks Pidato (Survei pada SMA Negeri di Kota Cilegon ) Universitas Indraprasta PGRI Diskursus : Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 10.

Sudjimat, D. A. (2014). Perencanaan Pembelajaran Kejuruan: Dari kajian Empirik dikembangkan sesuai Inovasi Kurikulum 2013 untuk Pembelajaran Abad XII. In Malang: UM Press.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta : Rineka Cipta.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 1–10. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/42

Suprananto, K. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. In Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Umi, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38

Wahyu, R., Islam, U., & Rahmat, R. (2018). Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Teknoscienza, 1(1), 50–62.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-01