PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL RAPIJALI 1: MENCARI KARYA DEE LESTARI

Penulis

  • Salma Noer Baety PBSI FKIP Universitas Pasundan
  • Dindin Muhammad Zainal Muhyi Universitas Pasundan
  • Desti Fatin Fauziyyah Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5044

Kata Kunci:

Nilai Historis, Novel Pulang

Abstrak

The phenomenon of adolescent social life today is vulnerable to good and bad values ​​in social life. The novel Rapijali 1: Mencari by Dee Lestari tells the life of a group of high school teenagers who aspire to success in music. This journey to achieve this success was filled with political and social conflicts. This qualitative research focuses on a review of the author's worldview in the novel Rapijali 1: Mencari. The research method used is dialectical method with a listen-note technique. The theory used refers to genetic structuralism theory by Lucien Goldmann which is part of sociology of literare. The results show the author's worldview of humanism, existentialism, and idealism. The author's worldview related to the social structure of society at the time of the creation of works which is identified through economic, political, and social environmental aspects. Keywords: the novel Rapijali 1: Mencari, the author's worldview, the social structure of society

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Artika, I Wayan. 2018. “Wajah” pengajaran sastra kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional V: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 19 September 2018

Basir, Udjang Pr. M. 2017. Aspek “kesastraan” dalam kurikulum bahasa indonesia: sejumlah problematika terstuktur. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 4 Juli 2017

Damono, Sapardi Djoko. 2020. Sosiologi sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Faruk. 2019. Pengantar sosiologi sastra dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

____. 2020. Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauziyyah, Desti Fatin & Sumiyadi. 2020. Nilai-nilai didaktis dalam novel burung-burung kecil karya Kembangmanggis. Jurnal SEMANTIK, Vol. 9 (1). Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1667 (diakses tanggal 11 Desember 2021

Lestari, Dee. 2021, Januari. RAPIJALI. Diakses dari laman web https://deelestari.com/rapijali/

Lestari, Dee. 2021. Rapijali 1: Mencari. Yogyakarta: Penerbit Bentang

Madasari, Okky. 2019. Genealogi sastra indonesia: kapitalisme, islam, dan sastra perlawanan. Tersedia secara daring melalui https://www.okkymadasari.net

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Rahmanto, Bernandus. 1988. Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma sosiologi sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

___________________. 2015. Teori, metode, dan teknik penelitian sastra: dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syahrul, Ninawati. 2017. Pembelajaran sastra indonesia dalam konteks global. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 3 Juli 2017

Utaminingsih, Diah & Citra Abriani Maharani. 2017. Bimbingan dan konseling perkembangan remaja. Yogyakarta: Psikosain

Warsiman. 2016. Membumikan pembelajaran sastra yang humanis. Malang: UB Press

Wicaksono, Andri. 2018. Tentang sastra: orkestrasi teori dan pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca

Wuryani, Wani. 2013. Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Jurnal SEMANTIK, Vol. 2 (2). Tersedia:

https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/327 (diakses tanggal 19 Oktober 2020)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-01