PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL RAPIJALI 1: MENCARI KARYA DEE LESTARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5044Kata Kunci:
Nilai Historis, Novel PulangAbstrak
The phenomenon of adolescent social life today is vulnerable to good and bad values in social life. The novel Rapijali 1: Mencari by Dee Lestari tells the life of a group of high school teenagers who aspire to success in music. This journey to achieve this success was filled with political and social conflicts. This qualitative research focuses on a review of the author's worldview in the novel Rapijali 1: Mencari. The research method used is dialectical method with a listen-note technique. The theory used refers to genetic structuralism theory by Lucien Goldmann which is part of sociology of literare. The results show the author's worldview of humanism, existentialism, and idealism. The author's worldview related to the social structure of society at the time of the creation of works which is identified through economic, political, and social environmental aspects. Keywords: the novel Rapijali 1: Mencari, the author's worldview, the social structure of societyUnduhan
Referensi
Artika, I Wayan. 2018. “Wajah” pengajaran sastra kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional V: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 19 September 2018
Basir, Udjang Pr. M. 2017. Aspek “kesastraan” dalam kurikulum bahasa indonesia: sejumlah problematika terstuktur. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 4 Juli 2017
Damono, Sapardi Djoko. 2020. Sosiologi sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Faruk. 2019. Pengantar sosiologi sastra dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
____. 2020. Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauziyyah, Desti Fatin & Sumiyadi. 2020. Nilai-nilai didaktis dalam novel burung-burung kecil karya Kembangmanggis. Jurnal SEMANTIK, Vol. 9 (1). Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1667 (diakses tanggal 11 Desember 2021
Lestari, Dee. 2021, Januari. RAPIJALI. Diakses dari laman web https://deelestari.com/rapijali/
Lestari, Dee. 2021. Rapijali 1: Mencari. Yogyakarta: Penerbit Bentang
Madasari, Okky. 2019. Genealogi sastra indonesia: kapitalisme, islam, dan sastra perlawanan. Tersedia secara daring melalui https://www.okkymadasari.net
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Rahmanto, Bernandus. 1988. Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma sosiologi sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
___________________. 2015. Teori, metode, dan teknik penelitian sastra: dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syahrul, Ninawati. 2017. Pembelajaran sastra indonesia dalam konteks global. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 3 Juli 2017
Utaminingsih, Diah & Citra Abriani Maharani. 2017. Bimbingan dan konseling perkembangan remaja. Yogyakarta: Psikosain
Warsiman. 2016. Membumikan pembelajaran sastra yang humanis. Malang: UB Press
Wicaksono, Andri. 2018. Tentang sastra: orkestrasi teori dan pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca
Wuryani, Wani. 2013. Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Jurnal SEMANTIK, Vol. 2 (2). Tersedia:
https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/327 (diakses tanggal 19 Oktober 2020)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.