LITERASI DIGITAL PADA PENGAJARAN BIPA IKAT JERMAN

Authors

  • Marsya Fadhia Akmal Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v12i2.4926

Keywords:

Digital literacy, BIPA, Germany, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing

Abstract

Literasi digital ialah salah satu kunci dalam upaya “berdamai” dengan segala perubahan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19. Kemampuan literasi digital yang baik sangat penting dan perlu dilakukan, terutama dalam hal pengajaran BIPA yang saat ini sudah sangat berkembang di kancah internasional. Pandemi yang terjadi saat ini bukanlah alasan terhentinya upaya penginternasionalisasian Bahasa Indonesia, melainkan sebagai harapan baru yang bisa diketuk untuk diselami bersama. Salah satu contoh pengoptimalan pengajaran BIPA dengan literasi digital ialah kelas BIPA yang diadakan oleh IKAT Jerman yang memanfaatkan beragam aplikasi pembelajaran dalam jaringan (daring). Kelas BIPA Jerman tidak hanya mengajarkan Bahasa Indonesia bagi warga negara Jerman, melainkan juga bagaimana berbahasa Indonesia dan budaya-budaya apa saja yang ada di Indonesia sehingga kelas ini tidak pernah sepi oleh pemelajar asing yang tertarik dengan Indonesia. Kata Kunci: Literasi digital, BIPA, Jerman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggaria, Aria Septi. 2019. “Literasi Terkini dalam Pembelajaran BIPA pada Era Revolusi Digital”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Januari 2019, hlm. 29-39. Diakses dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2511/2322 pada 13/12/2021.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diakses dari https://kbbi.kemendikbud.go.id pada 13/12/2021 pukul 15.00.

IKAT Sprachenwerkstatt. 2021. Kelas BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Diakses dari http://www.ikatagentur.com/ pada 13/12/2021 pukul 16.00.

Istanti, Wati. 2020. “(Menjadi) Pengajar BIPA Milenial Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Asing”. Semarang. CV Wicaksana Pustaka.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. ”Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional”. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusmiatun, Ari. 2016. “Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya”. Yogyakarta: K-Media.

Pratiwi, Nani dan Nola Pritanova. “Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis Anak dan Remaja”. Jurnal SEMANTIK Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, hlm. 11-24. Diakses darihttps://media.neliti.com/media/publications/130284-ID-pengaruh-literasi-digital-terhadap-psiko.pdf pada 13/12/2021

Simarmata, Janner dkk. 2021. Literasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suro, Ezri Tri. 2018. “Kolom Bahasa: Tenaga Kerja Asing Harus Tetap Belajar Bahasa Indonesia”,https://www.liputan6.com/citizen6/read/3492195/kolom-bahasa-tenaga-kerja-asing-tetap-harus-belajar-bahasa-indonesia, diakses pada 13/12/2021 pukul 15.00.

Suyitno, Imam. 2017. “Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Deskripsi Teoritis dan Hasil Kajian Empiris”. Bandung: PT Revika Aditama.

Suyitno, Imam. 2021. “Pembelajaran BIPA: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Problematikanya”. Bandung: PT Revika Aditama.

SEAQIL. 2021. Siaran Pers: SEAQIL dan Lembaga Lembaga Bahasa Siap Bentuk Standar Kompetensi Pengajar BIPA”, https://www.qiteplanguage.org/detail/news/Siaran-Pers:-

SEAQIL-dan-Lembaga-lembaga-Bahasa-Siap-Bentuk--Standar-Kompetensi-Pengajar-BIPA diakses pada 13/12/2021 pukul 17.00.

Downloads

Published

2022-08-08