IMPLEMENTASI TEKNIK SQ3R DISERTAI MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4726Kata Kunci:
membaca pemahaman, metode SQ3R, media cerita bergambarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, proses, respon siswa dan kendala yang dihadapi dalam penerapan metode SQ3R disertai media cerita bergambar pada pembelajaran membaca pemahaman kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dikelas IV SDN 03 Baosan Lor, Ponorogo dengan jumlah siswa sebanyak 31. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, kuosioner dan dokumentasi. Analsis data menggunakan model Milles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan pembelajaran seperti silabus, RPP dan media tersusun dan terrencana dengan baik. Proses pembelajaran menciptakan kondisi suasana yang efektif, berjalan dengan lancar dan menyenangkan, siswa merespon pembelajaran dengan respon sangat positif, dan kendala yang dihadapi yaitu alokasi waktu kurang maksimal, dan terdapat 2-3 orang siswa yang kesulitan dalam mengkuti tahap pembelajaran karena masih bingung dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran.Unduhan
Referensi
Atikah, I. Iswara, PD. & Hanifah, N. (2017). Penerapan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) dengan permainan pos pelangi untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Jurnal Pena Ilmiah. 2(1)
Amaliah, RR. Fadhil, A. & Narulita, S. (2014). Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an. 10(2)
Bua, Mety T. (2016). Analisis minat baca permulaan dengan cerita bergambar dikelas 1 SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan. 1 (9)
Dalman. (2013). Keterampilan membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Khasanah, A. & Cahyani, I. (2016). Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi question answer relationships (qar) pada siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasa. 4(2)
Krismanto, W. Khalik, A. & Sayidiman. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca pemahaman MelaluiMetode survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Padasiswa kelas V SD Negeri 46 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. 5(3)
Nadzifah, W. (2016). Meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan metode sq3r siswa kelas IV SDN Katongan I. Jurnal PGSD
Nawawi, H. dan Martini, M. (1996). Penelitian terapan. Yogyakarta: Gajahmada University Press
Nurani, H.I., Suhita R, & Suryanto E. (2017). Peningkatan kemampuan membaca cepat dengan metode SQ3R pada siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan. 20(1)
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2016
Putri, C.A. Putra, S. & Zulaikha S. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.