PENERAPAN METODE JURNAL REFLEKTIF BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM MENULIS MAKALAH

Penulis

  • Diena San Fauziya IKIP Siliwangi
  • Yusep Ahmadi IKIP Siliwangi
  • Aurelia Sakti Yani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v10i1.2018

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode penulisan jurnal reflektif berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran menulis makalah melaui pengujian perbedaan menulis makalah sebelum dan setelah perlakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada 34 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Siliwangi. Teknik pengumpulan data melalui potofolio hasil menulis makalah mahasiswa sebelum dan setelah perlakuan. Hasil yang diperoleh adalah tidak terdapat perbedaan antara kemampuan menulis makalah sebelum dan setelah penulisan jurnal reflektif dengan hasil perhitungan nilai signifikansi 0,128 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran mahasiswa tidak cukup berpengaruh terhadap perbaikan dalam menulis makalah. Rekomendasi untuk pembelajaran dan penelitian selanjutnya adalah diperlukan upaya konkret dan praktis untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-01-26