PERANAN POLA PENGASUHAN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v8i2.1288Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan berbahasa anak usia 25 bulan dengan anak yang berusia 24 bulan berdasarkan pola pengasuhannya. Subjek penelitian pertama bernama Arshaka Virendra (25 bulan) dan subjek penelitian kedua, yaitu Muhammad Firdan (24 bulan). Keduanya dimasukkan dalam kategori anak usia 2 tahun. Penelitian ini akan meninjau aspek pemerolehan fonologi, morfosintaksis, leksikon, dan pragmatik kedua anak tersebut berdasarkan perbedaan pola pengasuhannya. Pendekatan penelitian yang digunakan mengacu pada teori pemerolehan bahasa anak Indonesia yang disusun oleh Soenjono Dardjowidjojo (2000). Prosedur pengumpulan data diambil simak libat cakap dan wawancara terhadap subjek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis elemen-elemen fonologi, morfologi, dan sintaktik disesuaikan dengan usia kedua anak tersebut didasarkan pijakan teori Soenjono Dardjowidjojo (2000). Hasil penelitian menunjukkan proses perkembangan bahasa anak dapat dipengaruhi oleh pola pengasuhannya. Pola pengasuhan yang kurang tepat bisa menyebabkan anak mengalami keterlambatan dalam pemerolehan bahasa. Anak yang kurang diajak berkomunikasi/berinteraksi oleh sang pengasuh dapat menyebabkan kemampuan berbahasa anak menjadi lambat perkembangannya. Kata Kunci: pola pengasuhan, pemerolehan bahasa, dan psikolinguistik.Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.