KOMODIFIKASI MOTIFEM FILM ANIMASI CERITA RAKYAT NUSANTARA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN LITERASI DI SEKOLAH

KOMODIFIKASI MOTIFEM FILM ANIMASI CERITA RAKYAT NUSANTARA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN LITERASI DI SEKOLAH

Authors

  • lailatul fitriah fitri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Taufik Dermawan Universitas Negeri Malang
  • Dwi Sulistyorini Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6533

Keywords:

commodification, motifs, folklore, literacy

Abstract

Animasi cerita rakyat nusantara yang terdapat pada chanel youtube Si Riri, termasuk salah satu contoh komodifikasi yang dilakukan oleh para kreator. Motifem yang dapat dikatakan sebagai ruh cerita rakyah dikomodifikasi dan disesuaikan dengan penontonnya yaitu kalangan anak-anak. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui komodifikasi motifem di film animasi cerita rakyat nusantara (Bawang Merah Bawang Putih dan Timun Emas) dan mengetahui relevansinya sebagai bahan literasi disekolah. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian berupa tindakan tokoh dan skene-skene film yang berupa gambar. Teknik pengumpulan data dengan mencatat dan mengamati langsung film animasi cerita rakyat bawang merah bawang putih dan timun emas. Analisis data secara deskriptif dengan menggambarkan komodifikasi motifem yang ada di film animasi. Hasil penelitian menyebutkan, komodifikasi motifem pada film animasi cerita rakyat nusantara dengan menyajikan desain gambar yang lucu dan setting menarik, karena disesuaikan dengan penontonnya yaitu kalangan anak-anak. Meskipun ada proses komodifikasi, film menjadi sangat relevan untuk dijadikan sebagai bahan literasi di sekolah terutama untuk jenjang Sekolah Dasar (SD).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

lailatul fitriah fitri, Universitas Muhammadiyah Malang

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. 2021. Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Burkert, W. (1979). Structure and history in Greek mythology and ritual. University of California Press.

Dundes, A. (1965). The Study of Folklore. Prentice-Hall.

Endraswara, Suwardi. 2009. Metode Penelitian Foklor.Yogyakarta: Media Presindo.

Enterprise, Jubile. 2020. Dasar Dasar Animasi Komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Evans, D. S. dan P. 2004. Das Kapital untuk Pemula, Yogyakarta: Resist Book

Helsa Dhyanti Mustika, & Kurnia, S. S. (2021). Komodifikasi Kritik Sosial dalam Film Sexy Killers. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i1

Hermawan, D. dkk. (2022). Pemanfaatan Cerita Rakyat Dikabupaten Bandung dalam Penyusunan Bahan Ajar Mendongeng Berbasis Kearifan Lokal. Sastra Indonesia Dan Daerah, 12(2).

Hoerip, Satyagraha. 1982. Sejumlah Masalah Sastra. Jakarta: Sinar Harapan.

Kuswara, K., & Sumayana, Y. 2020. Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 5(1), 317–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678

Lestari, R. F. 2019. Wujud Budaya Dan Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Watu Dodol. Belajar Bahasa, 4(2), 177. https://doi.org/10.32528/bb.v4i2.2559

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. SAGE Publications I.

Novelita, M. dan S. (2020). Komodifikasi Disabilitas Dalam Film The Shape of Water. Kalbisocio, Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1).

Padmawati, Ni Nyoman dan Luh Putu Artini. 2018. Literasi di Sekolah: dari Teori ke Praktik. Bali:Nilacakra Publiser.

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Salim, Riki Sulaiman dkk. 2020. Komodifikasi Kesenian Wayang Kulit Dalam Film Perempuan Tanah Jahanam Perspektif Marxian. Intelektiva : Jurnal ekonomi, sosial & humaniora. VOL.01 NO. 12.

Saputra, Nanda. 2020. Ekranisasi Karya Sastra dan Pembelajarannya. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Sugiarti, dkk. 2020. Desain Penelitian Kualitatif Sastra. Malang: UMM Press

Tamsil, Ilma Saakinah. 2020. Representasi dan Komodifikasi Kepiluan dalam Film Dancing In The Rain. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). Vol 3, No. 1.

Tandian, E. A. 2021. Komodifikasi Cinta dan Tubuh Perempuan Pada Film Love For Sale dan Love For Sale 2. Jurnal Seni Urban. 5 (2).

Zul Apriani, O., & Ken Kustianti, S. 2020. Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Buku Cerita Rakyat Sang Piatu Menjadi Raja Dari Daerah Bengkulu. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 251–257.

Downloads

Published

2023-01-24