PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM NOVEL RAPIJALI 1: MENCARI KARYA DEE LESTARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.5044Keywords:
Nilai Historis, Novel PulangAbstract
Fenomena kehidupan sosial remaja saat ini rentan dengan nilai-nilai baik dan buruk dalam kehidupan bersosial. Novel Rapijali 1: Mencari karya Dee Lestari mengisahkan kehidupan sekelompok remaja SMA yang bercita-cita meraih kesuksesan dalam bermusik. Perjalanan mencapai kesuksesan ini diliputi dengan konflik politik dan sosial. Penelitian kualitatif ini berfokus pada penelaahan tentang pandangan dunia pengarang dalam novel Rapijali 1: Mencari. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode dialektik dengan teknik simak-catat. Teori yang digunakan mengacu pada teori strukturalisme genetik dari Lucien Goldmann yang merupakan salah satu bagian dari sosiologi sastra. Hasil penelitian menunjukkan pandangan dunia pengarang mengenai humanisme, eksistensialisme, dan idealisme. Pandangan dunia pengarang ini berkaitan dengan struktur sosial masyarakat pada masa penciptaan karya yang diidentifikasi melalui aspek ekonomi, politik, dan lingkungan sosial. Kata Kunci: novel Rapijali 1: Mencari, pandangan dunia pengarang, struktur sosial masyarakatDownloads
References
Artika, I Wayan. 2018. “Wajah” pengajaran sastra kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional V: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja 19 September 2018
Basir, Udjang Pr. M. 2017. Aspek “kesastraan” dalam kurikulum bahasa indonesia: sejumlah problematika terstuktur. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 4 Juli 2017
Damono, Sapardi Djoko. 2020. Sosiologi sastra. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Faruk. 2019. Pengantar sosiologi sastra dari strukturalisme genetik sampai post-modernisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
____. 2020. Metode penelitian sastra: sebuah penjelajahan awal.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fauziyyah, Desti Fatin & Sumiyadi. 2020. Nilai-nilai didaktis dalam novel burung-burung kecil karya Kembangmanggis. Jurnal SEMANTIK, Vol. 9 (1). Tersedia: http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/1667 (diakses tanggal 11 Desember 2021
Lestari, Dee. 2021, Januari. RAPIJALI. Diakses dari laman web https://deelestari.com/rapijali/
Lestari, Dee. 2021. Rapijali 1: Mencari. Yogyakarta: Penerbit Bentang
Madasari, Okky. 2019. Genealogi sastra indonesia: kapitalisme, islam, dan sastra perlawanan. Tersedia secara daring melalui https://www.okkymadasari.net
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Rahmanto, Bernandus. 1988. Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Paradigma sosiologi sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
___________________. 2015. Teori, metode, dan teknik penelitian sastra: dari strukturalisme hingga postrukturalisme perspektif wacana naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Syahrul, Ninawati. 2017. Pembelajaran sastra indonesia dalam konteks global. Prosiding Seminar Nasional 3: Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global Universitas Jember. Jember 3 Juli 2017
Utaminingsih, Diah & Citra Abriani Maharani. 2017. Bimbingan dan konseling perkembangan remaja. Yogyakarta: Psikosain
Warsiman. 2016. Membumikan pembelajaran sastra yang humanis. Malang: UB Press
Wicaksono, Andri. 2018. Tentang sastra: orkestrasi teori dan pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca
Wuryani, Wani. 2013. Pesona karya sastra dalam pembelajaran bahasa dan budaya indonesia. Jurnal SEMANTIK, Vol. 2 (2). Tersedia:
https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/semantik/article/view/327 (diakses tanggal 19 Oktober 2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak cipta artikel yang diterbitkan di jurnal ilmiah dimiliki oleh penerbit, bukan penulis. Hal ini berkaitan dengan koordinasi hak akses untuk cetak ulang atau penggunaan lainnya. Dalam hal ini penerbit mempunyai keluluasaan untuk mempublikasikan artikel sesuai dengan kesepakanan Transfer Agreement (penyerahan hak cipta) antara penerbit dengan penulis.